Sistem Informasi Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Berbasis Web
PDF

Keywords

Balita
Data
Posyandu
Sistem
Status Gizi

How to Cite

Purwanto, J. ., Kasih, P. ., & Pamungkas, D. P. . (2022). Sistem Informasi Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Berbasis Web. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(3), 089–096. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i3.2663

Abstract

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Desa Banjarsari merupakan pusat layanan kegiatan kesehatan dasar masyarakat. Posyandu sendiri dilaksanakan oleh kader posyandu. Layanan yang diberikan antara lain penimbangan, pemantauan status gizi, serta pemberian vaksin. Semua kegiatan dicatat dan direkap oleh kader melalui pembukuan. Dalam hal ini, tidak sering kader posyandu mengalami kesulitan dalam hal pencatatan kegiatan dan juga menentukan status gizi. Tidak lupa kader kesulitan dalam mencari data. Karena semua pencatatan kegiatan posyandu dilakukan dengan manual yakni berupa tabel dan tulis. Untuk penyimpanan data kegiatan sendiri disimpan dalam buku besar. Sering juga hilangnya buku besar karena banyaknya data arsip kegiatan. Dalam hal tersebut untuk membantu masalah yang sering dialami kader yakni dengan menggunakan sistem serta model penyimpanan data yang baik. Hasil dari penelitian ini yakni sistem informasi dimana sistem dapat melakukan pencatatan data, menentukan status gizi, dan mencari data. Sehingga sistem ini dapat membantu kader posyandu dalam mengolah data kegiatan posyandu secara cepat dan efisien.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i3.2663
PDF

References

Sulistyorini. (2010). Posyandu dan desa siaga. Yogyakarta: Nuha Medika.

Kusumadewi, S., Kurniawan, R., & Wahyuningsih, H. (2019). Implementasi Sistem Informasi Posyandu Berbasis Web dan Android di Desa Bimomartani. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), Vol.3, No.2: 351-359.

Widaningsih, S., & Efendi, F. K. (2020). Sistem Pelayanan Posyandu Berbasis WebSebagai Sarana dalam Meningkatkan Kesehatan Ibu dan Anak Di Posyandu Sartika Cikondang. Media Jurnal Informatika, 10(2), 29-35.

Yustina Meisella Kristania, Firda Dini Yulianti (2019). Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pada Posyandu Pepaya Purwokerto, Jurnal Evolusi (Vol. 7) No 1.

Amri, K. A., Dariati, E., & Indriati, R. (2018). Sistem Informasi Posyandu Kesehatan Pada Balita. In Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), Vol. 2, No. 1, pp. 077-082.

Haerani, R., Robiyanto. (2019). Sistem Informasi Pengolahan data Nilai Siswa Berbasis Web (Jurnal Sistem Informasi), Vol.6, No.2: 103-109.

Ladjamudin, Al-Bahra bin. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Joko Purwanto, Patmi Kasih, Danar Putra Pamungkas

Downloads

Download data is not yet available.