Utilization of Augmented Reality Technology in Fruit Funds for Early Children Education
PDF

Keywords

Augmented Reality
Pengenalan Buah
Pendidikan Anak Usia Dini
3D

How to Cite

Wibiaryoko, M. I. E. ., & Irawan, R. H. . (2020). Utilization of Augmented Reality Technology in Fruit Funds for Early Children Education . Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(1), 007–010. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.165

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah merambah segala bidang kehidupan termasuk pendidikan, pada tahap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) kecenderungan siswa lebih tertarik pada visualisasi khususnya mengenali objek 3 dimensi (3D) karena lebih menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang atau membuat aplikasi pengenalan buah yang memanfaatkan teknologi Augmened Reality (AR) pada anak PAUD yang dijalankan pada perangkat mobile android. Augmented Reality sendiri adalah teknologi interaktif yang mampu memproyeksikan objek maya kedalam objek nyata secara real time. Pembuatan aplikasi ini menggunakan software utama Unity3D dan Vuforia, dan menggunakan metode Markerless Augmented Reality. Pemanfaatan teknologi AR bertujuan untuk membantu anak dalam pemahaman visual terhadap pemanfaatan objek buah 3D menjadi lebih menarik dan menyenangkan dibanding buku maupun alat peraga 2D.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.165
PDF

References

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 137 Tahun 2014 Tentang “Standart Nasional Pendidikan Anak Usia Dini”

Rizki, Yoze. 2012 “Markerless Augmented Reality Pada Perangkat Android” Jurnal Teknik Elektro Fakultas Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Sony Sulistyo Hadi. 2013 “Aplikasi Pengenalan Sistem Tata Surya Menggunakan Augmented Reality Untuk Pendidikan Sekolah Dasar” Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Erwin Setiawan, Undang Syaripudin, dan Yana Aditya Gerhana. 2016 “Implementasi Teknologi Augmented Reality Pada Buku Panduan Wudhu Berbasis Mobile Android” Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Akik Hidayat & Amir Mujahiduddien. 2017 “Pembelajaran Bentuk Sendi Tulang Manusia Menggunakan Konsep Augmented Reality” Program Studi Teknik Informatika Departemen Ilmu Komputer Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Padjajaran.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Moh. Ilham Endar Wibiaryoko, Rony Heri Irawan

Downloads

Download data is not yet available.