Abstract
Perkembangan teknologi informasi dalam kehidupan telah merambah semua bidang termasuk bidang pendidikan. Pada tingkat pendidikan taman kanak-kanak siswa cenderung lebih tertarik terhadap visualisasi terutama dalam mengenali objek 3 dimensi karena dianggap lebih interaktif serta menarik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi pengenalan huruf hijaiyah yang memanfaatkan teknologi augmented reaity pada siswa taman kanak-kanak yang dijalankan melalui perangkat android. Augmented Reality merupakan teknologi interaktif yang mampu memproyeksikan objek maya menjadi suatu bentuk objek nyata secara real time. Pembuatan aplikasi ini menggunakan software utama Vuforia, ARToolkit dan menggunakan metode Markerless Augmented Reality. Penggunaan teknogi augmented reality bertujuan membantu siswa dalam memahami secara visual objek huruf hijaiyah 3D menjadi lebih menyenangkan dan menarik dibandingkan buku cetak pembelajaran.
References
Rini, M., Risnita, R., & Musa, M. 2019. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Flash Card Di Raudhatul Athfal Baiturrahim Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. UIN Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi.
Azuma, R. T. 1997. A survey of augmented reality. Presence: Teleoperators & Virtual Environments. No 6. vol 4. hal 355-385.
Jiwatama, A. R., & Gonydjaja, R. 2012. Impelementasi augmented reality sebagai media promosi trans studio bandung dengan menggunakan ARTOOLKIT. In Naskah Publikasi. Universitas Gunadarma. Jakarta.
Nugraha, I. S., Satoto, K. I., & Martono, K. T. 2014. Pemanfaatan Augmented Reality untuk pembelajaran pengenalan alat musik piano. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer. No 2. vol 1. hal 62-70.
Muntahanah, M., Toyib, R., & Ansyori, M. 2017. Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Katalog Rumah Berbasis Android (Studi Kasus Pt. Jashando Han Saputra). Pseudocode. No 4. vol 1. hal 81-89.
Setyawan, R. A., & Dzikri, A. 2016. Analisis penggunaan metode marker tracking pada augmented reality alat musik tradisional jawa tengah. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer. Hal 7. vol 1. hal 295-304.
Romdhoni, K., & Setiyanto, N. A. 2016. Penerapan Teknologi Markerless Augmented Reality Sebagai Alat Bantu Pengunjung Museum Berbasis Android. Skripsi, Fakultas Ilmu Komputer, 1-10.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Faisal Kurnia Akbar, Rony Heri Irawan