Fuzzy K-Means Dalam Prediksi Bantuan Sekolah SDN Jabang 1
PDF

Keywords

Bantuan Siswa Miskin (BSM)
Fuzzy K-Means
Clustering

How to Cite

Wahyudi, S. ., Irawan, R. H. ., & Rochana, S. . (2021). Fuzzy K-Means Dalam Prediksi Bantuan Sekolah SDN Jabang 1. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(2), 255–260. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1138

Abstract

Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) merupakan bantuan langsung tunai kepada siwa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan tidak didasarkan pada beasiswa prestasi yang bertujuan untuk mengurangi beban orangtua dalam memenuhi kebutuhan siswa akan layanan pendidikan yang layak, menghindari putus sekolah, membantu memenuhi kebutuhan siswa dalam kegiatan pembelajaran, mendukung program Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun, serta membantu kelancaran program sekolah. Untuk menerima dana BSM pemerintah menetapkan beberapa kriteria agar siswa dapat diidentifikasi dan memenuhi syarat untuk mendapatkan BSM. Dalam penentuan calon penerima BSM pada SDN Jabang 1 menyortir berkas-berkas dan dengan pertimbangan oleh tim satu per satu secara manual mambutuhkan waktu serta tenaga. Oleh karena itu diperlukan sistem pendukung keputusan untuk menentukan calon penerima BSM menggunakan metode Fuzzy K-Means dengan teknik penglompokan data (Clustering). Dengan adanya sistem tersebut diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat dalam proses pengelompokan berdasarkan dari bobot kriteria yang sebelumnya sudah ditentukan sehingga dapat diputuskan siapa sajakah yang berhak untuk menerima bantuan.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1138
PDF

References

TNP2K. 2012. Strategi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. http://tnp2k.go.id diakses pada tanggal 25 april 2021.

Ramadhan, Ghafuur Kharisma. 2014. Implementasi Bantuan Siswa Miskin Sekolah Dasar (BSM SD) Di Kecamatan Sambas. Jurnal. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Tanjungpura. https://jurmafis.untan.ac.id/index.php/governance/article/view/539/446 diakses pada tanggal 1 juni 2021.

Pahu, G.Y. 2018. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menyeleksi Penerima Dana Bantuan Siswa Miskin Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Management Sistem Informasi dan Teknologi. Vol. 8, No. 2: 83-88.

Rahakbauw, D. L., Ilwaru, V. Y., dan Hahury, M. H. 2017. Implenetasi Fuzzy C-Means Clustering Dalam Penentuan Beasiswa. Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan. Vol. 11, No. 1: 1-11.

Nazir. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Ahmadi, A., dan Hartati, S. 2013. Penerapan Fuzzy C-Means dalam Sistem Pendukung Keputusan untuk Penentuan Penerima Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) PNPM-MPd (Studi Kasus PNPM-MPd Kec. Nadirejo Kab. Pacitan). Journal of Mathematics and Natural Sciences. 264-273.

R. Syarif, M. T. Furqon, dan S. Adinugroho. 2018. Perbandingan Algoritma K-Means Dengan Algoritma Fuzzy C Means (FCM) Dalam Clustering Moda Transportasi Berbasis GPS. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. vol. 2, no. 10, pp. 4107–4115.

Kusumadewi, S. d. 2004. Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Satria Wahyudi, Rony Heri Irawan, Siti Rochana

Downloads

Download data is not yet available.