Abstract
Perkembangan teknologi informasi tidak dapat dihindari, dengan teknologi dapat membawa perubahan besar di masyarakat. Teknologi informasi juga telah merambah di segala bidang kehidupan termasuk pendidikan, pada bidang pendidikan sekolah dasar kecenderungan siswa lebih tertarik terhadap visualisasi dalam mengenali objek 3 dimensi, dikarena lebih menarik dan interaktif. Augmented Reality sendiri merupakan teknologi interaktif yang mampu memproyeksikan objek maya kedalam objek nyata secara real time. Dalam proses pembuatan aplikasi ini menggunakan software ARtoolkit dengan metode markerless augmented reality. Pemanfaatan teknologi augmented reality bertujuan untuk membantu siswa-siswi sekolah dasar dalam pemahaman visualisasi objek 3 dimensi terhadap penggenalan aksara jawa menggunakan perangkat mobile android supaya pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan dibanding buku maupun menulis dipapan tulis.
References
I. S. Nugraha, K. I. Satoto, and K. T. Martono. 2014. Pemanfaatan Augmented Reality untuk Pembelajaran Pengenalan Alat Musik Piano. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer. vol. 2, no. 1, pp. 62-70.
Ramadhan, T., Gusdevi, H., & Rustam, A. H. 2020. Media pengenalan aksara sunda menggunakan augmented reality berbasis android (studi kasus smkn 1 ranca bali). 02(02), 50–56.
Saputro, T. W. 2020. Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Wayang Kulit Ramayana Dengan Metode Augmented Reality Berbasis Mobile Untuk Siswa SD. 1461600115.
Setiawan, R., Ramadhan, M. R., & Rizk, M. 2019. Penerapan ensiklopedia amtara (alat musik tradisonal nusantara) berbasis augmented reality sebagai upaya meletarikan warisan budaya nusantara. Universitas PGRI Palembang.
Syafrianto, A., & Nugroho A. N. 2019. Media Pembelajaran Aksara Jawa Dengan Teknik Augmented Reality Menggunakan Vuforia. Teknik Informatika STMIK EL Rahma Yogyakarta.
Wardani, S. (2015). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (Ar) Untuk Pengenalan Aksara Jawa Pada Anak. Jurnal Dinamika Informatika, 5(November), 1–13.
Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 59–72.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Moch. Dadang Angga Pramudigdo, Rony Heri Irawan