Analisis Rangka Jayabaya Prototype 2.0 Menggunakan Aluminium Tipe AA356
pdf

Keywords

aluminium AA356
analisis rangka
Jayabaya Prototype 2.0

How to Cite

Wibawa, D. ., Akbar, A., & Pramesti, Y. (2021). Analisis Rangka Jayabaya Prototype 2.0 Menggunakan Aluminium Tipe AA356. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(3), 188–193. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1101

Abstract

Peningkatan desain rangka kendaraan  KMHE Jayabaya prototype 1.0 menjadi salah satu faktor hal yang selalu menjadi bahan perencanaan untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna. Kendaraan Prototype dengan harapan bisa mengenali kelebihan dan kekurangan pada rangka dari prototype yang dikaji sehingga bisa dijadikan bahan referensi dalam perencanaan kendaraan Prototype. Kontruksi.rangka harus mampu untuk menahan semua beban dari kendaran  mulai  dari  sistem  kemudi,  sistem  suspensi, sistem rem dan kelengkapan lainnya.Salah satu aspek yang menjadi banyak  perhatian adalah rangka kendaraan tersebut. Semakin ringan dan kuat bahan dapat mengurangi konsumsi bahan bakar sehingga stabilitas kendaraan tetap aman dalam kondisi beban ,pengereman,  dan berbagai kecepatan Saat ini penelitian untuk  rangka kedaraan kmhe Jayabaya prototype 1.0 lebih berat, kurang efesien dan kurang ramah lingkungan. Rangka yang berbentuk logam, umumnya logam yang digunakan bisa berbentuk aluminium  paduan dengan struktur Rangka yang bisa berbentuk ladder structure .Desain rangka menggunakan  Almunium tipe AA356 lebih ringan dibandingkan dengan T6 yang dimiliki Jayabaya prototype. Dari hasil simulasi yang telah dilakukan di dapatkan pertimbangan sebagai alasan bahwa desain rangka Jayabaya prototype 2.0 lebih ringan namun tetap aman bagi pengendara. Berdasarkan analisa simulasi Solidwoks 2014  rangka Jayabaya prototype 2.0, pengujian stress pada mampu menopang beban dengan berat hingga 5,8896x107 N/m2, hasil strain maksimum 3676x104,dan displacement maksimum 5161 mm. Nilai ini dikategorikan nilai yang besar karena rangka kendaraan masih kuat menopang beban besar.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1101
pdf

References

Sadikin, Ali. 2013. Perancangan Rangka Chasis MobilListrik Untuk 4 Penumpang Menggunakan SoftwareSiemens Nx8. Universitas Negeri Semarang.

ADRIANA, Marlia; B.P, Anggun Angkasa; MASRIANOR, Masrianor. RANCANG BANGUN RANGKA (CHASIS) MOBIL LISTRIK RODA TIGA KAPASITAS SATU ORANG.

Chusyairi, Miftah. 2013. Rancang Bangun Rangkapada Eleectric City Car. Politeknik Negeri Madiun .

AZDI FAHDITRA, 2017 “Pengaruh Variasi Rata – Rata Konstan Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor Bensin 4 – Langkah

Setiawan M. Aries, 2013. “Pengembangan Desain Frame Chassis Micro Car(Sutera Car) Universitas Negeri Semarang”.

Arya Yudistira Dwinanto, F. B. M. 2015. Analisis Karakteristik Bodi dan Chassis Pada Prototype Kendaraan Listrik , Jurnal Rekayasa Mesin 6.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Daniel Wibawa

Downloads

Download data is not yet available.