Mesin Spiral Pendorong Tanah Media Tanam Pembibitan
pdf

Keywords

media tanam
pembibitan
spiral

How to Cite

Prayogo, Y. S. ., Fauzi, A. S. ., & Ilham, M. M. (2021). Mesin Spiral Pendorong Tanah Media Tanam Pembibitan. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(3), 071–076. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1081

Abstract

Perancangan ini di latar belakangi masih banyaknya pelaku UMKM yang masih menggunakan tenaga manual manusia. Permasalahan dari perancangan ini adalah Bagaimana rancang bangun alat pengisi tanah (spiral) pada plastik rol media tanaman yang efisien dan dapat cepat mengisi tanah pada plastik. Perancangan alat pengisi tanah (spiral) ini melalui beberapa tahap – tahap langkah perancangan, tahap pertama adalah mulai, study literatur untuk dijadikan  referensi untuk pembuatan alat ini. Untuk desain alat pengisi tanah ini di buat dengan konstruksi yang simple dan efisien, sebab alat pengisi tanah sebelumnya hanya bisa mengisi satu persatu pengisian tanah. Maka dari sini menciptakan mesin pengisi tanah (spiral) pada plastik rol media tanam. Menggunakan screw conveyor yang mengambil desain awal dari proses pengemasan padi atau gabah setelah proses penjemuran dengan memodifikasi menjadi empat alur spiral dalam satu rangka yang digerakan oleh motor listrik 0,5 Hp melaui gearbox WPA 40 dengan rasio 1:60 untuk mendapatkan putaran yang diinginkan.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1081
pdf

References

Wiratno, U., & Wijayanti, U. (2011). Pembangunan pertanian untuk meningkatkan ekonomi perdesaan di era otonomi daerah.

Rofeg, A., Kabib, M., & Winarso, R. (2018). Pembuatan Mesin Screw Conveyor Untuk Pencampuran Garam Dan Iodium Sesuai SNI 3556. Jurnal Crankshaft, 1(1).

Rahman, A. (2017). Prototype Screw Covenyor Mesin Pendaur Ulang Pasir Cetak 10 Ton/Jam. Prosiding Semnastek.

Rizqi,R.,& Yulianto,Y. (2020).Analisa Pengaruh Sudut Kemiringan Screw dan Kecepatan Motor terhadap Optimalisasi Kerja Mesin Pengemas Gabah (grain packaging machine) (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Nafisah, syaifaun. (2003). Grafika komputer. Jakarta: Graha Ilmu.

Wibolo, A, dppkk. (2017). Rancang bangun mesin press baglog jamur tiram dengan motor penggerak motor listrik. Matrix:Jurnal Manajemen teknologi dan Informasi, 4(3), 131.

Sularso, Suga, Kiyokatsu 2002, Dasar Perancangan dan Pemilihan Elemen mesin Pradnya Paramita : Jakarta.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Yogi Suryo Prayogo, Ah. Sulhan Fauzi, M. Muslimin Ilham

Downloads

Download data is not yet available.