Tempat Pemotongan Media Tanam Pembibitan
pdf

Keywords

media tanam
pembibitan
tempat pemotong

How to Cite

Rohmatulloh, A. ., Fauzi, A. S. ., & Ilham, M. M. (2021). Tempat Pemotongan Media Tanam Pembibitan. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(3), 065–070. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1080

Abstract

Indonesia sebagian besar masyarakatnya bekerja dibidang pertanian, oleh sebab itu untuk menunjang kegiatan pertanian sangat dibutuhkan alat dan mesin pertanian. Seperti yang kita lihat saat ini masih banyak para petani menggunakan alat dan mesin pertanian berteknologi sederhana untuk kegiatan dibidang pertanian. Dalam hal ini, perlu untuk menciptakan sebuah alat mesin dengan inovasi baru terhadap penyetiman bibit yang belum digunakan dalam bidang pertanian maupun perkebunan. Adanya teknologi mesin yang akan dirancang ini memiliki tingkat efektifitas yang tinggi terhadap pengolahan tanah, dimana mesin ini memiliki lima kegunaan, yaitu mixer pencampur tanah dan air, mesin spiral pendorong tanah, mesin konveyor penata media tanam pembibitan tanah, tempat pemotongan media tanam pembibitan, dan pemotong media tanam pembibitan sembilan pisau. Mesin pencetak media tanam pembibitan adalah mesin yang berfungsi untuk mencetak media tanam pembibitan dalam bidang pertanian guna untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan manusia. Petani akan lebih cepat dalam pembuatan media tanam karena mesin ini dapat langsung mencatak media tanam dengan cepat dan lebih banyak, sehingga para petani dapat menghemat waktu dan tenaga lebih banyak. Terciptanya inovasi mesin tersebut akan menghasilkan bentuk tanah yang di inginkan. Kegunaan masing-masing alat yang terdapat dalam satu mesin tersebut tentu sangat bermanfaat dan menjadikan produktivitas semakin efektiv dan efisien.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1080
pdf

References

Ali, M., Hosir, A., & Nurlina, N. (2017). Perbedaan Jumlah Bibit Per Lubang Tanam Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Padi (Oryza Sativa L.) Dengan menggunakan metode sri. Gontor agrotech Science Journal.

Ali, M. (2015). “Pengaruh Dosis Pemupukan Npk Terhadap Produksi Dan Kandungan Capsaicin Pada Buah Tanaman Cabe Rawit (Capsicum Frutescens L.). Jurnal Agrosains: Karya Kreatif Dan Inovatif.

Hidayati, I. N., & Suryanto, S. (2015). Pengaruh perubahan iklim terhadap produksi pertanian dan strategi adaptasi pada lahan rawan kekeringan. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 16(1), 42-52.

Yusuf Maulana, Y. M. (2020). Rancang Bangun Alat Pemindah Dan Penata Barang (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Nofirza, N., & Syahputra, D. (2012). Perancangan alat pemotong nanas yang ergonomis untuk meningkatkan produktivitas. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 11(1), 41-50.

Yohanes, A. (2017). Perancangan Alat Pengepresan Jenang Dengan Metode Antropometri dan Ergonomi (Studi Kasus di UKM Agape Pemalang). Jurnal Ilmiah Dinamika Teknik.

Gasni, D. (2007). Karakteristik mesin pemotong ubi talas dengan mekanisme engkol peluncur. Jurnal TeknikA, 2(27), 62-68.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Aksin Rohmatulloh, Ah. Sulhan Fauzi, M. Muslimin Ilham

Downloads

Download data is not yet available.