Mesin Conveyor Penata Media Tanam Pembibitan
pdf

Keywords

mesin pertanian
conveyor
media tanam pembibitan

How to Cite

Ryandhy, C. A. ., Fauzi, A. S. ., & Ilham, M. M. . (2021). Mesin Conveyor Penata Media Tanam Pembibitan. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(3), 053–058. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1077

Abstract

Kebutuhan akan alat dan mesin pertanian diberbagai bidang saat ini sangat dibutuhkan, hal ini tentunya berkaitan dengan peningkatan baik secara kualitas maupun secara kuantitas dari pekerjaan yang dilakukan. Untuk meningkatkan jumlah produksi media penanaman bibit yang ada disebuah tempat produksi pembibitan yang seluruh proses pembuatanya masih manual menggunakan tenaga manusia, maka dari itu penulis berinisiatif merancang sebuah alat yang mampu memproduksi media tanam dengan jumlah banyak dalam waktu yang singkat. Namun pada pembahasan ini lebih menekankan pada perancangan mesin conveyor sebagai media penyalur atau pemindah media tanam yang sudah dikemas untuk kemudian disalurkan ke meja penata untuk dipotong sesuai ukuran yang ditentukan.jenis conveyor yang digunakan adalah jenis belt conveyor dengan sedikit modifikasi bentuk dan penggunaan bahan untuk beltnya, untuk belt menggunakan bahan kain yang sedikit kasar dan tebal hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan serta dapat meminimalisir biaya produksi. conveyor ini digerakkan dari hasil pembagian tenaga motor listrik yang berada pada mesin spiral.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1077
pdf

References

Rantawi, A. B. (2013). Perancangan Unit Transfer (Screw Conveyor) pada Mesin Pengisi Polibag untuk Meningkatkan Efektvitas Kinerja di Bidang Pembibitan. Jurnal Citra Widya Edukasi, 5(1), 60-67.

Prabowo, D. M. (2018). Analisis Pengaruh Kecepatan dan Massa Beban pada Conveyor Belt Terhadap Kualitas Pengemasan dan Kebutuhan Daya dan Arus Listrik Di Bagian Produksi PT. Indopintan Sukses Mandiri Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Semarang).

Mulyono, M., & Hendaryati, R. H. (2017, November). Rancang Bangun Belt conveyor Untuk Penyaji Makanan. In Prosiding SENTRA (Seminar Teknologi dan Rekayasa) (No. 3).

Garsida, A. K., Risaldi, F., & Dewi, S. K. S(2019). Perancangan Belt conveyor sebagai Alat Material Handling pada Terminal Peti Kemas Surabaya. Buletin Profesi Insinyur, 2(2), 69-75.

Sukma, H., & Sulaeman, M. Perancangan Roller Conveyor Pemindah Label Berkapasitas 80kg.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Cesar Ahmad Ryandhy, Ah. Sulhan Fauzi, M. Muslimin Ilham

Downloads

Download data is not yet available.