Rancang Bangun Alat Pencuci Serbaguna Tipe Silinder Pada Mesin Pembuat Keripik
pdf

Keywords

Rancang Bangun
Alat pencuci
Silinder
Mesin Keripik

How to Cite

Juwandi, A. ., & Mahmudi, H. . (2020). Rancang Bangun Alat Pencuci Serbaguna Tipe Silinder Pada Mesin Pembuat Keripik. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(3), 311–316. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.105

Abstract

Umbi adalah salah satu sumber bahan pangan di Indonesia bahkan dunia. Umbi ini dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, baik makanan utama maupun makanan ringan. Proses pengolahan umbi inilah yang nantinya akan menjadi penentu kualitas produk yang dihasilkan. Salah satunya adalah proses pencucian sebelum pengolahan. Pencuci umbi umbian ini adalah proses menghilangkan sebagai mikroorganisme pada umbi umbian yang kotor. Selama ini proses pencucian yang dilakukan terutama di industri rumahan masih dilakukan secara manual. Hal ini akan banyak memakan waktu dalam proses pengolahannya. Dari permasalahan inilah penulis mencoba merancang sebuah mesin pencuci umbi dengan tujuan dapat meminimalisir jumlah tenaga kerja dan waktu yang dibutuhkan dalam proses pengolahannya. Mesin pencuci umbi yang dibuat ini berbentuk silinder yang dilengkapi dengan saringan dan sikat pencuci. Dari rancangan yang telah dibuat didapatkan hasil sebuah mesin pencuci umbi umbian dengan spesifikasi volume pencuci berkapasitas 2000 gram, tinggi 450 mm, lebar 600 mm, panjang 800 mm, diameter tabung luar 420 mm, tabung dalam 330 mm.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.105
pdf

References

Anonim. 2014. Kategori Umbi-Umbian.http://id.wikipedia.org/wiki/Kategori: Umbiumbian.

Nugraheni, M. 2014. Peranan Makanan Bagi Manusia. http://staff.uny.ac.id/sites/ default/files/tmp/MAKANAN%20FUNGSIONAL.pdf.

Harmayani, E., 2014. MANFAAT MAKANAN FUNGSIONAL BAGI PENYANDANG PENYAKIT DEGENERATIF. ANNUAL SCIENTIFIC MEETING. Dies Natalis Fakultas Kedokteran UGM. Yogyakarta.

Womsiwor. 2018. Rancang Bangun Mesin Pengupas Dan Pencuci Singkong Tipe Horizontal.

Madakarah. 2015. Rancang Bangun Mesin Pencuci Kentang Tipe Silinder.

Rhofita, E I. 2019. Desain Mesin Cuci Bengkuang Dengan Sistem Silinder.

Downloads

Download data is not yet available.