DISEMINASI KEPERDULIAN MASYARAKAT UNTUK MEMANFAATKAN LIMBAH CAIR TAHU SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF DI DUSUN BAPANG SUMBERMULYO JOGOROTO JOMBANG

Authors

  • Suci Prihatiningtyas Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Fatikhatun Nikmatus Sholihah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Meriana Wahyu Nugroho Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.29407/hayati.v7i1.578

Keywords:

kepedulian lingkungan, biogas, limbah cair tahu

Abstract

Kegiatan diseminasi kepedulian masyarakat untuk memanfaatkan limbah car tahu adalah suatu kegiatan yang ditujukan kepadamasyarakat agar masyarakat khususnya pengusaha tahu memperoleh informasi, sehingga timbul kesadaran, menerima, dan akhirnya memanfaatkan informasi tersebut guna menciptakan kepedulian terhadap lingkungan dengan memanfaatkan limbah cair tahu. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini meliputi observasi lapangan, melakukan kerjasama dengan mitra, membuat perencanaan dan rancangan biodigester, demontrasi, dan implementasi. Adapun hasil dari implementasi yang dilakukan yaitu diperoleh respon peserta terhadap materi yang disampaikan, fasilitator dalam menyampaikan materi dan tempat yang disediakan. Hasil angket respon peserta terhadap materi yang disampaikan rata-rata sebayak 74,3%. Hal ini dikarenakan materi yang disampaikan sesuai dengan tujuan pelatihan, materi sesuai dengan kebutuhan, materi relevan dengan objektivitas pelatihan, materi jelas dan mudah dipahami, materi menarik dan menimbulkan motivasi, masyarakat mampu memanfaatkan penjelasan materi dan mampu memberikan gambaran tentang pentingnya menjaga lingkungan sekitar. Hasil angket respon fasilitator rata-rata sebanyak 75,7%. Hal ini dikarenakan pemateri menguasai materi, materi dijelaskan secara sistematis, cara penyampaiannya menarik dan jelas, pemateri mampu menjawab pertanyaan, penampilan pemateri menarik dan pemateri mampu menciptakan kedekatan dengan peserta. Hasil angket respon tentang pelatihan sebanyak 72% menyatakan nyaman. Kesimpulan dari kegiatan diseminasi ini adalah masyarakat memberikan respon positif terkait kegiatan ini karena dapat membantu memanfaatkan limbah cair tahu sehingga tidak mencemari lingkungan sehingga masyarakat menjadi peduli terhadap lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bapedal, E. M. D. I. (1994). Limbah Cair Berbagai Industri di Indonesia.

Barbosa, A.C.L., Lajolo, F.M., and Genovese, M.I., (2006), Influence of temperature, pH and ionic strength on the production of isoflavone-rich soy protein isolates, Food Chem, 98, pp. 757-766.

BPPT, 1997a, Teknologi Pengolahan Limbah Tahu-Tempe Dengan Proses biofilter Anaerob dan Aerob, http://www.enviro.bppt.go.id

Departemen Pertanian. 2009. Pemanfaatan Limbah dan Kotoran Ternak Menjadi Energi Biogas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran.

Gede Sudaryanti N L, dkk, 2007, Pemanfaatan Sedimen Perairan Tercemar Sebagai Bahan

Lumpur Aktif Dalam Pengolahan Limbah Cair Industri Tahu, Laporan Penelitian, Universitas Udayana Bali.

Hambali, Erliza dkk. 2007. Teknologi Bioenergi. Jakarta: Agro Media Pustaka.

Hidayat, M. R. (2012). Biogas Production from Tofu Industrial Wastewater with Effective Microorganisms 4 (EM-4) as Biocatalyst. Biopropal Industri, 3(1)

Nurhasan dan Pramudyanto, B.B., (1991), Penanganan Air Limbah Tahu, yayasan Bina Karya, Jakarta Selatan, http:www.menlh.go.id

Tang, C.-H. and Ma, C.-Y., (2009), Effect of high pressure treatment on aggregation and structural properties of soy protein isolate, LWT – Food Sci. Technol, 42, pp. 606-611.

Suaedy, S. (2011). Penerapan berbagai metode pembelajaran dalam kegiatan Diklat. Surabaya: Bdk.

Sudarman, S., & Basyrun, B. (2018). SOSIALISASI PEMBUATAN BIOGAS BAHAN BAKU TINJA PUYUH. Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi dan Pembelajaran, 15(1), 44-50.

Subekti, Sri. 2011. Pengolahan limbah cair tahu menjadi biogas sebagai bahan bakar alternatif. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi ke-2 Tahun 2011.

Wagiman. 2007. Identifikasi Potensi Produksi Biogas dari Limbah Cair Tahu dengan Reaktor Upflow Anaerobic Sludge Blanket (UASB). Bioteknologi, 4(2): 41-45

Widayat, W., & Hadiyanto, H. (2015). Pemanfaatan Limbah Cair Industri Tahu Untuk Produksi Biomassa Mikroalga Nannochloropsis sp Sebagai Bahan Baku Biodiesel. Reaktor, 15(4), 253-260.

https://nagabiru86.wordpress.com/2009/06/12/data-sekunder-dan-data-primer/

https://ekbis.sindonews.com/read/1159420/34/indonesia-memasuki-era-krisis-energi-fosil-1480497059

Downloads

Published

2019-09-23

How to Cite

Prihatiningtyas, S., Sholihah, . F. N., & Nugroho, M. W. (2019). DISEMINASI KEPERDULIAN MASYARAKAT UNTUK MEMANFAATKAN LIMBAH CAIR TAHU SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF DI DUSUN BAPANG SUMBERMULYO JOGOROTO JOMBANG. Prosiding Seminar Nasional Hayati, 7(1), 205–212. https://doi.org/10.29407/hayati.v7i1.578