IMPLEMENTASI CITRA DIGITAL UNTUK PERMAINAN SUIT BAGI ANAK-ANAK

Authors

  • Arin Ayu Silvyani Mustofa Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Fernanda Ma'rouf Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Mohammad Ferdiansyah Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/mq01rh03

Keywords:

Citra Digital, Interaksi real-time, Mediapipe, Permainan Edukasi, Permainan Suit

Abstract

Permainan suit batu-gunting-kertas merupakan salah satu bentuk permainan edukasi sederhana yang dikenal luas oleh berbagai kalangan, termasuk anak-anak. Dalam penelitian ini, diimplementasikan sistem permainan berbasis citra digital menggunakan deteksi gerakan tangan dengan algoritma Mediapipe Hands. Sistem ini dirancang untuk mendeteksi pilihan pemain secara real-time melalui kamera dan menggabungkannya dengan logika berbasis aturan untuk menentukan hasil pertandingan. Dengan tambahan fitur-fitur seperti timer countdown, random choice untuk komputer, serta visualisasi hasil pertandingan, sistem ini memberikan pengalaman bermain yang interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif permainan edukasi yang menarik bagi anak-anak dengan memanfaatkan teknologi citra digital. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji efektivitas sistem dalam memberikan pengalaman yang imersif dan menyenangkan bagi pengguna. Hasil implementasi menunjukkan bahwa sistem mampu mendeteksi gerakan tangan dengan baik dan memberikan hasil pertandingan secara cepat, meskipun terdapat beberapa kendala teknis yang perlu diperbaiki di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. F. Naufal et al., “Klasifikasi Citra Game Batu Kertas Gunting Menggunakan Convolutional Neural Network,” Techno.Com, vol. 20, no. 1, pp. 166–174, 2021, doi: 10.33633/tc.v20i1.4273.

A. Zahra and S. D. Siregar, “Peran Permainan Edukatif Pada Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Di Tk Aba,” J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, pp. 486–498, 2024.

N. Veronica, “PERMAINAN EDUKATIF DAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI,” Pedagog. J. Anak Usia Dini dan Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, pp. 49–55, 2018.

M. Arif et al., “Sistem Pendeteksi Tangan Berbasis Mediapipe dan OpenCV untuk Pengenalan Gerakan,” Biner J. Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, pp. 173–177, 2024, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/Biner

E. A. Rohma, “Pengaruh Game Edukasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik ; Studi Kasus SDN Daleman I,” J. Multidisiplin Ilmu Akad., vol. 2, no. 1, pp. 383–396, 2025, doi: https://doi.org/10.61722/jmia. v2i1.3361.

D. Khairianto and R. Firdaus, “Penerapan Hand Gesture Recognition Sebagai Media Kontrol Presentasi Aplikasi Powerpoint,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 2, pp. 1852–1860, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i2.9167.

A. R. Ardiansyah, A. H. Nur’azizan, and R. Fernandis, “Implementasi Deteksi Bahasa Isyarat Tangan Menggunakan OpenCV dan MediaPipe,” Stain. (Seminar Nas. Teknol. Sains), vol. 3, no. 1, pp. 331–337, 2024.

P. Budi Utomo, “Deteksi Gerak Tangan sebagai Pengenal Bahasa Isyarat menggunakan Mediapipe dan Long-Short Term Memory,” J. SIMETRIS, vol. 15, no. 1, pp. 121–136, 2024.

D. N. Arief and R. Mujiastuti, “Perancangan Game Gunting-Batu-Kertas Berbasis Web,” J. Sist. Informasi, Teknol. Inf. dan Komput., vol. 12, no. 3, pp. 17–26, 2022.

A. Shehzadi, M. I. Sharif, S. Azam, F. De Boer, M. Jonkman, and M. Mehmood, “IMPLEMENTASI HAND GESTURE MEDIAPIPE PADA GAME INTERAKTIF UNTUK STIMULASI MOTORIK ANAK DOWN SYNDROME PADA,” vol. 8, no. 5, pp. 10776–10784, 2024.

Downloads

Published

2025-01-20

How to Cite

IMPLEMENTASI CITRA DIGITAL UNTUK PERMAINAN SUIT BAGI ANAK-ANAK. (2025). Seminar Nasional Teknologi & Sains, 4(1), 214-222. https://doi.org/10.29407/mq01rh03

Similar Articles

11-20 of 87

You may also start an advanced similarity search for this article.