Peningkatan Self Confidence Siswa melalui Simulasi Debat pada Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Problem Based Learning

Authors

  • Faza Kasyiva Az-Zahra Universitas Negeri Malang
  • Viona Setya Rahayu Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ila Ismawati Universitas Negeri Malang
  • Rizka Apriani Universitas Negeri Malang

Keywords:

debate simulation, self confidence, pbl

Abstract

This study aims to increase students' self-confidence through debate simulations on problem-based learning (PBL) classical guidance services. The research method used in this research is a systematic literature review, which is a research method that is carried out by identifying existing and selected journals or research evidence (national and international reputation) and reviewing them systematically by following the stages and established procedures. Meanwhile, the results of this study indicate that in many studies and conditions in the field it is shown that the level of self-confidence of students is at a low level, because the learning methods that have been carried out or given so far are less varied or monotonous, so that many students are lacking or even not facilitated and trained in increasing their self-confidence. So by using the problem-based learning debate simulation learning method, students are expected to be facilitated in critical thinking and skilled in dealing with any problems related to their self-confidence.

References

Andriani, D., & Aripin, U. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik dan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(1), 25-32.

Ariani, D. (2018). PENINGKATAN SIKAP PERCAYA DIRI MELALUI METODE DEBAT PADA MATA PELAJARAN PPKn. ADI KARSA, 14(15), 64.

Bakhtiar, N., Aryani, F., & Saman A. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kepercayaan Diri Siswa.

Cahyono., Mulyana, D., Sukarliana., & Puspitasari, D. (2022). Analisis implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dalam menumbuhkan keterampilan mengemukakan pendapat pada proses pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 21(2), 87-92.

Hadi, S., Tamansiswa, U. S., Palupi, M., & Indonesia, U. I. (2020). SYSTEMATIC (Issue March).

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5-11.

Imam, M. (2019). Peningkatan Interaksi Sosial Teman Sebaya Siswa SMP Melalui Bimbingan Klasikal Dengan Metode Sosiodrama. Jurnal Konseling Gusjigang, 5(2).

Isabela., Surur, M., & Puspitasari, Y. (2021). Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Kemampuan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2729-2739.

Isnayah. (2016). Upaya Meningkatkan Keberanian Berpendapat Kegiatan Bimbingan Klasikal Dengan Layanan Penguasaan Konten. Jurnal Penelitian Tindakan, 2(1), 60-64.

Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). Analisis problematika pembelajaran daring dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Genta mulia: jurnal ilmiah pendidikan, 12(1), 281-294.

Nurdin, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Peserta Didik Melalui Penerapan Problem Base Learning (PBL) Dengan Metode Debat. ( O n l i n e), (Dari: http://smpit.almultazam.sch.id/meningkatkan-kemampuan-berargumentasi-peserta-didik-melalui-penerapan-problem-base-learning-pbl-dengan-metode-debat/), diakses pada 16 Juni 2023.

Pranoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMA Negeri 1 Sungkai Utara LAmpung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan, 1(1), 100-111.

Puspita, R., Purwadi, A, J., & Kurniawan, R. (2021). Pembelajaran Debat Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas X MIPA SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah Korpus, 5(1), 130-141

Rahman, A. (2021). Upaya Meningkatkan Hubungan Sosial Antar Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VII B SMPN 1 Banyuglugur Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 9(1), 9-21.Rajib, M., & Sari, A. P. 2022. Potensi Learning Loss di SMA Negeri 4 Polewali Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. BIOMA, 4(1).

Risal, H. G., & Alam, F. A. (2021). Upaya Meningkatkan Hubungan Sosial Antar Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Sekolah. JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 1(1), 1-10.Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Systematic Literature Review Method for Identifying Platforms and Methods for Information System Development in Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63.

Qomariyah, E, N. (2016). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPS, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 23(2), 132–141

Wahyuni, W. (2022). Penggunaan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Remaja Dengan Orang Tua dalam Bimbingan Kelompok. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 2(1), 40-45.

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Faza Kasyiva Az-Zahra, Viona Setya Rahayu, Ila Ismawati, & Rizka Apriani. (2023). Peningkatan Self Confidence Siswa melalui Simulasi Debat pada Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Problem Based Learning. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 6, 1885–1891. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/3980

Issue

Section

Articles