Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik untuk Menguatkan Literasi Numerasi Materi Bumi dan Tata Surya
Keywords:
competency, literacy, numeracyAbstract
ABSTRAK
Lembar kerja peserta didik dapat membantu peserta didik agar belajar secara terstruktur untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik yang menguatkan kompetensi literasi dan numerasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D). Pada proses penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan ADDIE, model ini terdiri dari lima langkah, yakni analisis, peracangan, pengembangan, penerapan dan evaluasi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja dinilai layak oleh pembahas ahli materi/bidang IPA dan bahasa serta praktisi. Lembar kerja menyediakan stimulus berupa konteks yang memuat data dalam bentuk teks dan tabel. Lembar kerja yang dikembangkan dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi bumi dan tata surya.
ABSTRACT
Student worksheets can support structured learning so that students develop the necessary competencies. Therefore, the goal of this project is to provide worksheets for students that improve their literacy and numeracy skills. Research and development (R&D) was the research methodology adopted. This model's five steps analysis, design, development, implementation, and evaluation make up the research process employing the ADDIE development approach. According to the study's findings, both practitioners and subject-matter and language experts who participated in the discussion thought the worksheets were adequate. A setting with data in the form of text and tables serves as the stimulus in the worksheet. The created worksheets can improve students' comprehension of the concepts related to the earth and solar system.
References
Afsani, F. D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Literasi Sains Pada Materi Biologi Semester Genap Kelas X SMA Negeri 1 Parepare. 1-15.
Cahyadi. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. 35-43.
Lestari, H. I. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Asam dan Basa. 117-124.
Mahlina, H. A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pasar Terapung pada Materi Aritmatika Sosial untuk Siswa Kelas VII SMP. 1-10.
Nisfiyah. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga Untuk Kelas XI SMK . 409-414.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 . (2021).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 . (2022).
Salam, N. K. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Besaran dan Pengukuran Untuk Kelas VII SMP. 28-36.
Salvia, F. P. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau dari Kecemasan Matematika. 351-360.
Soesilo, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 dengan Model ADDIE. 231-243.
Widiyani, P. P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKN. 1-10.
Downloads
Published
Versions
- 2023-08-15 (2)
- 2023-08-15 (1)
- 2023-08-15 ()
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wiji Arianti, Putri Eka Wahyu Setyana, Sarijan, Agus Muji Santoso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.