Perkembangan Museum Airlangga Di Kota Kediri Tahun 1991-2019

Authors

  • Iwik Ni’matur Rohmah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nara Setya Wiratama Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Yatmin Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

perkembangan, museum, airlangga, kota kediri

Abstract

Indonesia merupakan negara kaya akan budaya dan peninggalan sejarah. Benda-benda peninggalan sejarah biasanya disimpan di museum. Salah satu museum di Kota Kediri yaitu Museum Airlangga yang terletak di Desa Pojok, Kecamatan Mojoroto. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sejarah berdirinya Museum Airlangga dan perkembangannya di Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian sejarah memiliki tahapan heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Sumber data penelitian ini diperoleh dari observasi,studi pustaka, wawancara, dan dokumentasi. Museum Airlangga yang didirikan di Desa Pojok bertujuan untuk menghindari pencurian benda-benda peninggalan sejarah. Museum Airlangga didirikan pada tahun 1991 dan sampai tahun 2019 perkembangan museum sangat signifikan dilihat dari berbagai aspek dan sarana prasarana yang tersedia. Dapat disimpulkan bahwa dari penelitian ini keamanan benda-benda peninggalan sejarah di Kota Kediri lebih terjamin ditambah adanya perkembangan sarana prasarana yang ada membuat museum semakin berkualitas.

References

Agustina, S., Widiatmoko, S., & Budiono, H. (2021). Representasi Nilai Multikulturalisme Dalam Pelaksanaan Upacara Undhuh-Undhuh Di Gereja Kristen Jawi Wetan (Gkjw) Mojowarno. Seminar Nasional Virtual Konseling Kearifan Nusantara (KKN) 2 dan Call For Paper (pp. 189-194). Kediri: UN PGRI Kediri.

Alkari, Ferdian, F., & Wiratama, N. S. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Relief Bubuksah Gagangaking di Candi Surowono. SEMDIKJAR 4 (pp. 253-260). Kediri: UN PGRI Kediri.

Andarisma, Y. Y., & Widiatmoko, S. (2021). Nilai Karakter Pembelajaran dalam Ritual Larung Sesaji Gunung Kelud di Desa Sugihwaras Tahun 2021. SEMDIKJAR 4 (pp. 837-844). Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Arsitha, E. D., & Widiatmoko, S. (2021). Nilai Kepemimpinan Raden Toemenggoeng Sosrokoesoemo 1 (Kanjeng Jimat) di Kabupaten Nganjuk Dalam Pendidikan Karakter. SEMDIKJAR 4 (pp. 813-821). Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Gonar, P. R., Budiono, H., & Widiatmoko, S. (2021). Makna Ritual “Saung Ta’a” Dalam Upacara Adat Kematian Pada Masyarakat Desa Bea Ngencung Kecamatan Rana Mese Kabupaten Manggarai Timur Tahun 2021. SEMDIKJAR 4 (pp. 107-117). Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Ibrohim, N. G., Afandi, Z., & Lestari, S. (2021). Perkembangan Tenun Ikat Kediri Masa Pandemi Covid-19. Semdikjar 4 (pp. 230-242). Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

ISLAMI, N. T., Budiono, H., & Widiatmoko, S. (2021). MAKNA EDUKASI RELIEF SRI TANJUNG DI CANDI SUROWONO, DESA SUROWONO, KECAMATAN BADAS, KABUPATEN KEDIRI. Seminar Nasional Virtual Konseling Kearifan Nusantara (KKN) 2 dan Call For Paper (pp. 42-48). Kediri: Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Kediri, D. (2017). Profil Museum Airlangga Kediri. Kediri: Disbudparpora Kediri.

Meiasih, Y., Lestari, S., & Afandi, Z. (2021). Perkembangan Industri Batik Tradisional Sri Siji Nusantara Indah Di Desa Gejagan Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk Tahun 2000-2020. Semdikjar 4 (pp. 499-511). Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Santo, E., Yatmin, & Budianto, A. (2021). Peran Tokoh Adat Dalam Menyikapi Masalah Tradisi Minuman Keras (Sopi) Di Desa Tengku Kecamatan Kuwus Barat Kabupaten Manggarai Barat. SEMDIKJAR 4 (p. 207 221). Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Sari, F. K., & Widiatmoko, S. (2021). Nilai Karakter Pembelajaran Relief Garudeya Di Gua Selomangleng Kota Kediri Tahun 2021. SEMDIKJAR 4 (pp. 412-420). Kediri: UN PGRI Kediri.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widiatmoko, S., Lestari, S. N., & Wiratama, N. (2020). Peningkatan Keaktifan Mahasiswa Pendidikan Sejarah Dalam Mata Kuliah Studi Observasi Melalui Kegiatan Lesson Study. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora Vol. 5. No. 1, 8-13.

Widiatmoko, S., Wiratama, N. S., & Budiono, H. (2022). Perkembangan Industri Batik di Kediri. WIKSA: PROSIDING PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI (pp. 21-40). Jakarta: UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI.

Wiratama, N. S. (2021). Kemampuan Public Speaking dalam Pembelajaran Sejarah. ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah Vol 17, No 1 , 1-14.

Yatmin, & Afandi, Z. (2022). Study Tentang Candi Ngetos di Kabupaten Nganjuk Ditinjau Dari Kajian Ikonografi. Efektor Volume 9 Issue 1, 66-75.

Zadmika, F. (2014). Pemanfaatan Museum Airlangga di Kota Kediri Sebagai Media Pembelajaran Sejarah. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Downloads

Published

2022-08-04

How to Cite

Rohmah, I. N. ., Wiratama, N. S. ., & Yatmin, Y. (2022). Perkembangan Museum Airlangga Di Kota Kediri Tahun 1991-2019. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 958–963. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2417

Issue

Section

Articles