Abstract
Kecemasan adalah suatu perasaan tidak nyaman yang muncul dari dalam diri seseorang, yang mencakup perasaan gelisah, khawatir, cemas, was-was, bingung, dan takut terhadap hal-hal yang belum terjadi, termasuk pikiran-pikiran negatif yang dianggap bisa merugikan atau mengancam keamanan fisik maupun psikis individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perubahan tingkat kecemasan pada siswa-siswi sebelum dan sesudah dilakukannya metode self-talk positif dengan media cermin. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswi di SMAN 1 Gurah yang mengalami tingkat kecemasan. Analisis tingkat kecemasan diukur menggunakan kuesioner Hamilton Rating Scale for Anxiety (HARS). Terapi dilakukan 10-15 menit. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan tingkat kecemasan sesudah dilakukan metode self-talk positif dengan media cermin. Subjek I mengalami penurunan dari skor 30 menjadi 20, Subjek II dari 26 menjadi 19, Subjek III dari 25 menjadi 18.Penelitian ini menunjukan adanya perubahan tingkat kecemasan sebelum dan sesudah dilakukan metode self-talk positif dengan media cermin. Metode self-talk positif dengan media cermin dapat menurunkan tingkat kecemasan pada siswa-siswi. Disarankan agar metode self-talk positif dengan media cermin dilakukan secara konsisten untuk membantu menurunkan tingkat kecemasan pada siswa-siswi yang mengalami kecemasan.
References
Amalia, W., Abdilah, H., & Tarwati, K. (2023). Gambaran tingkat kecemasan mahasiswa tingkat akhir program studi Pendidikan Profesi Ners. Mahesa: Jurnal Ilmiah Kesehatan. https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i10.11298
Annisa, M., & Ifdil, I. (2022). Pengaruh teknik relaksasi terhadap tingkat kecemasan siswa SMA Negeri 1 Malang. Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(2), 145–155.
Fitriani Ramadhani, F. (2021). Pengaruh teknik self-talk terhadap peningkatan rasa percaya diri siswa kelas XI SMA Negeri 1 Makassar http://eprints.unm.ac.id/25237/1/jurnal%20fitriiani%20ramadhani
Hanifati, A. (2017). Efektivitas self-talk dan visualisasi untuk menurunkan kecemasan sosial pada remaja (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya). https://digilib.uinsby.ac.id/
Khairunisa. (2019). Kecemasan berbicara di depan kelas pada peserta didik sekolah dasar. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/959
Kustanti, E. (2020). Efektivitas teknik relaksasi pernapasan untuk menurunkan kecemasan. https://media.neliti.com/media/publications/392777-none-17bd4037
Lestari, B. S., Parung, J., & Sinambela, F. C. (2022). Self-efficacy and audience response to public speaking anxiety in professional psychology students (S2). Journal of Positive School Psychology. https://journalppw.com/index.php/jpsp/article/view/11107
Maulana, M. K. (2024). Efektivitas teknik self talk dalam menurunkan kecemasan penyelesaian skripsi pada mahasiswa angkatan 2020 (Studi mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. http://repository.uin-suska.ac.id/84198/
Nurhasanah, D., Pradana, M., & Yulianti, D. (2022). Tingkat kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Psikologi, 7(2), 123–130. https://jim.usk.ac.id/Psikologi/article/view/28436
Oktaviani, R. (2021). Kecemasan berbicara di depan umum pada remaja ditinjau dari jenis kelamin dan status sekolah (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta). http://eprints.uny.ac.id/
Prasetyo, Y. A. F. (2023). Pengaruh terapi thought stopping terhadap tingkat kecemasan mahasiswa tingkat akhir di Stikes Panti Waluya Malang. https://repository.stikespantiwaluya.ac.id/285/
Prihananto, D. I., Fitriana, K. D. N., Agustina, P. D., Nur’aini, S. E., & Safitri, U. (2024). Dampak perilaku bullying pada anak sekolah dasar di SDN Manyaran 02 Kota Kediri.https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=j-BE2IMAAAAJ&citation_for_view=j-BE2IMAAAAJ:u-x6o8ySG0sC
Puspitaningtyas, D. (2019). Kecemasan berbicara di depan umum siswa kelas XI-Bahasa SMA Negeri 1 Grati Pasuruan. Jurnal Bahasa dan Pendidikan. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/27888
Putri, N. K. R. A., & Sudana, D. (2022). Efektivitas konseling REBT pendekatan teknik self-talk untuk menurunkan tingkat kecemasan akademik siswa kelas X SMAN “A” Denpasar. Jurnal Edukasi Indonesia, 2(1), 20–27. https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/view/2633
Ramadhani, F. (2022). Pengaruh teknik self-talk terhadap peningkatan rasa percaya diri siswa kelas XI SMA Negeri 1 Makassar (Skripsi, Universitas Negeri Makassar). http://eprints.unm.ac.id/25237/
Sartika, N. A. (2019). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan kecemasan berbicara di depan umum pada siswa SMA. Universitas Negeri Malang. http://repository.um.ac.id/
Wijayanti, E. T., Risnasari, N., & Aisyah, S. D. (2021). Kecemasan mahasiswa perawat Universitas Nusantara PGRI Kediri selama pembelajaran jarak jauh. JUDIKA (Jurnal Nusantara Medika), 5(2). https://doi.org/10.29407/judika.v5i2.17421
World Health Organization. (2023). Anxiety disorders. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/anxiety-disorders

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Setiana Putri
