Abstract
Pembelajaran IPA adalah pembelajaran yang mengkaji tentang makhluk hidup dan benda mati di alam semesta serta interaksinya, dan mengkaji kehidupan manusia sebagai individu sekaligus sebagai makhluk sosial yang berinteraksi dengan lingkungannya. Akan tetapi selama pembelajaran IPA, guru tidak menggunakan media pembelajaran yang tepat sehingga materi sulit di pahami dan antusias belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan terhadap media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan penyebaran angket kepada guru dan siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Mrican 2 Kota Kediri dengan melakukan wawancara kepada guru kelas IV dan menyebarkan angket kepada siswa kelas IV sebanyak 29 orang siswa. Berdasarkan angket kebutuhan tersebut media pembelajaran Komik Digital dibutuhkan oleh siswa dan guru, serta media pembelajaran disetujui untuk di kembangkan.
References
Mukarromah, A., & Andriana, M. 2022. Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. JSER: Jurnal os Science and Education Research, 1(1). https://jurnal.insanmulia.or.id/index.php/jser/
Nurhasanah, E. 2021. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sejarah Perkembangan Islam Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan, 2(3): 148-153. http://journal.ainarapress.org/index.php
Paat, M. 2022. Implementasi Multimedia Pembelajaran Biologi Berbasis Model PBL Melalui Google Classroom Di Jurusan Pendidikan Biologi Unima. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3): 2551-2557, http://dx.doi.org/10.36312/jime.v8i2.3127