Abstract
Motivasi belajar peserta didik sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) menggunakan model Kemmis and MC. Taggart (1988) dengan pelaksanaan tindakan selama dua kali siklus. Setiap siklus intervensi tindakan dilakukan selama tiga kali pertemuan. Berdasarkan hasil analisis angket motivasi peserta didik sebelum pelaksanaan tindakan menunjukkan presentase 50,33% yang berarti berada pada kategori rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan menerapkan E-LKPD berbasis model pembelajaran problembased learning. Subjek penelitian adalah kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pare yang berjumlah 19 anak. Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengobservasian (observing) dan pengevaluasian (evaluating). Teknik pengumpulan data adalah observasi dan lembar angket motivasi yang diadopsi dari Glyn (2011). Hasil penelitian mengungkap motivasi belajar peserta didik pada siklus I sebesar 68.33% dan pada siklus II sebesar 75%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pare dapat ditingkatkan melalui penerapan E-LKPD berbasis model pembelajaran problembased learning.
References
Aina, M., Budiarti, R. S., Muthia, G. A., & Putri, D. A. (2021). Motivasi Belajar biologi peserta didik SMA pada Pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 2(1), 1-12.
Glynn, S. M., Brickman, P., Armstrong, N., & Taasoobshirazi, G. (2011). Science motivation questionnaire II: Validation with science majors and nonscience majors. Journal of research in science teaching, 48(10), 1159-1176.
Juliastari, J., Artayasa, I. P., & Merta, I. W. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat terhadap Kreativitas Ilmiah Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 337-343.
Nurjannah, N., & Khatimah, H. (2022). Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sejarah siswa melalui model pembelajaran example dan non example pada siswa SMA. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 36-41.
Sawitri, R. E. (2020). Problem-Based Learning: Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Mlati. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(2), 173-180.
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: jurnal pendidikan guru sekolah dasar, 1(1), 30-41.
Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.TON, 7(2), 36-43.