Sistem Penentuan Harga Sewa Mobil Menggunakan Metode Fuzzy Sugeno
PDF

Keywords

fuzzy Sugeno
harga sewa

How to Cite

Mustofa Kamal, R. A. ., & Farida, I. N. . (2021). Sistem Penentuan Harga Sewa Mobil Menggunakan Metode Fuzzy Sugeno. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(1), 302–308. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i1.972

Abstract

Penentuan harga sewa mobil merupakan suatu permasalahan yang tidak mudah. Karena jika harga tidak sesuai dapat menyebabkan enggannya pelanggan untuk menyewa. Sedangkan jika harga terlalu murah mengakibatkan pihak rental tidak mendapatkan keuntungan maksimal. Berkaitan dengan efektifitas serta agar pemilik rental mendapatkan keuntung yang lebih  diperlukan suatu sistem penentu harga sewa mobil yang dapat memperkirakan harga sesuai dengan kriteria maupun fasilitas yang diperoleh pelanggan. Dengan adanya sistem ini dapat mempermudah pihak rental mobil mengambil keputusan.  Karena sistem akan menampilkan harga sesuai kriteria mobil yang disewa dengan memanfaatkan metode Fuzzy Sugeno. Adapun variabel Fuzzy yang digunakan yaitu : lama sewa, fasilitas, jenis mobil, kualitas mobil, tahun mobil dan harga. Sistem ini dibuat untuk membantu pihak rental mobil  dalam menentukan harga sewa mobil  sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Hasil penelitian ini berupa aplikasi penentu harga sewa mobil dengan algoritma Fuzzy Sugeno  yang digunakan untuk menentukan harga sewa mobil.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i1.972
PDF

References

Ami Hilda. Ghadhiadi 2016. Penerapan fuzzy sugeno untuk menentukan hara sepeda motor bekas. E-Jurnal Matematika. Vol.5. hal.176-182

Kusumadewi dan Purnomo. 2010. Aplikasi logika fuzzy untuk pendukung keputusan. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Rizkysari Meimaharani.2014. Analisis sistem inference fuzzy sugeno dalam menentukan harga penjualan tanah untuk pembangunan minimarket. Jurnal SIMETRIS. Vol.5 No.1.

Siallagan S.Anita. 2020. Penerapan fuzzy sugeno dalam usaha roti ketawa. Jurnal penerapan sisten informasi (komputer dan menejemen).Vol.1 No.2.

Saputi, Arista D.Ramahani. 2019. Logika fuzzy untuk pengambilan keputusan dalam penjadwalan dan pengingat service sepeda motor. Journal of informatics,information system,software engineering and aplication (INISTA). Vol.2 No.1.

Widodo, D. W, Setiawan, A. B. 2020. Sistem pendukung keputusan pemilihan tanaman pangan menggunakan metode Analytic hirarcky process dan Fuzzy sugeno. prosiding semnasinotek.Vol.4 No.2.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Ryzki Agus Mustofa Kamal, Intan Nur Farida

Downloads

Download data is not yet available.