Sistem Pendukung Keputusan Lokasi Penjualan Burger yang Strategis Menggunakan Metode Naive Bayes
PDF

Keywords

naive bayes
sistem pendukung keputusan
lokasi usaha strategis

How to Cite

Adi Wibawa, M. E. B. ., & Niswatin, R. K. . (2021). Sistem Pendukung Keputusan Lokasi Penjualan Burger yang Strategis Menggunakan Metode Naive Bayes. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(1), 193–199. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i1.947

Abstract

Seiring berjalannya waktu membuat semakin sulitnya menentukan lokasi usaha.Dimana banyak pemilik usaha yang gulung tikar akibat kurang tepatnya menentukan lokasi usaha mereka,sehingga dalam mendirikan usaha perlu di cermati dalam menentukan lokasi usaha yang akan digunakanSistem pendukung keputusan lokasi penjualan ini digunakan sebagai “second opinion” yang dapat dipakai sebagai pertimbangan sebelum seorang untuk menentukan lokasi usahanya.Perancangan sistem ini menggunakan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Processing) dan MySQL sebagai DBMS ( Database Management System).Metode yang digunakan pada sistem ini adalah metode naive bayes dengan cara memprediksi peluang yang akan terjadi kedepannya dari beberapa kriteria-kriteria yang sudah ditentukan yang berasal dari wawancara terhadap pemilik usaha dalam menentukan lokasi penjualannya.Dari hasil implementasi, aplikasi dapat mengatasi masalah dalam menentukan lokasi usaha tadi.Aplikasi ini dapat menampilkan hasil dari penentuan lokasi usaha strategis/tidak strategis.Sehingga selain dapat menarik minat penggunanya,diharapkan sistem ini dapat merepresentasikan keadaan dunia nyata atau bisnis yang sebenarnya

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i1.947
PDF

References

. A Yusnita, R Handini. 2012.Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Lokasi Umah Makan Yang Strategis Menggunakan Metode Naive Bayes.

. Akhmad Yohanif Program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO SEMARANG.

. Fauzan,Chairul. 2017. Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Pemasok Ikan Bandeng Pada Usaha Amplang KUBP Mekar Sari Muara Badak Dengan Metode Naive Bayes.

. MU Nuhayati, J Mulyana. 2017.sistem pendukung keputusan untuk menentukan lokasi usaha Kuliner Yang Strategis Menggunakan Metode Naive Bayes.

. Nugroho,Bunafit. 2013.Membuat Aplikasi WEB Pengajian Dengan PHP,MySQL, dan Dreamweaver.Yogyakarta:PT.Alif Media.

. Noor Wahyu Hidayat Tri Putra Laksana Alexius Endy Budianto 1 Sistem Informasi, Universitas Kanjuruhan Malang, putra_barkercivil@yahoo.com 2Sistem Informasi, Universitas Kanjuruhan Malang, endybudianto@yahoomail.com.

. Patmi Kasih, Intan Nur Farida 2017,Sistem Bantu Pemilihan Dosen Pembimbing Tugas Akhir Berdasarkan Kategori Pilihan dan Keahlian Dosen menggunakan Naïve Bayes.

. Rahmadi, Moch. Luthfi. 2013. Tips Membuat Website tanpa Coding & Langsung Online. Yogyakarta: Andi.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Maistro Eka Bayu Adi Wibawa, Ratih Kumalasari Niswatin

Downloads

Download data is not yet available.