Sistem Bantu Pengetahuan Mengemudi “Djago Montor” Dengan Metode LCG Di Indonesia
PDF

Keywords

Linear Congruential Generator
Kediri
Kecelakaan
Safety Riding

How to Cite

Muragil, D. A. ., Kasih, P. ., & Mahdiyah, U. . (2021). Sistem Bantu Pengetahuan Mengemudi “Djago Montor” Dengan Metode LCG Di Indonesia. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(1), 053–058. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i1.904

Abstract

Banyaknya pelanggaran lalu lintas dan tinggina angka kecekalaan sebagian besar disebabkan oleh kelalaian dan kecerobohan pengendara di jalan. Tingginya akan kecelakaan sebagian besar di dominasi oleh sepeda motor. Seperti ang terjadi di kota Kediri. Banyak sepeda motor di Kota Kediri pada tahun 2020 tercatat sebanyak 144.813 unit. Banyaknya pengendara sepeda motor yang kurang mengetahui cara mengemudi dan berkendara dengan baik dan benar menyebabkan kondisi jalan yang padat, semrawut sehingga memungkinkan terjadinya kecelakaan. Pada data statistik tahun 2019 dan 2020, jumlah kecelakaan di Kota Kediri sebanyak  1002. Lebih dari setengah kecelakaan tersebut disebabkan oleh pengendara yang tentang arti rambu dan marka, seperti cara berbelok, cara menyalip kendaraan, jalan searah, posisi berhenti dan arti dari berbagai marka jalan yang tersedia disetiap tempat di jalanan Kota Kediri. Dari permasalahan tersebut disimpulkan bahwa salah satu akar permasalahan tingginya angka kecelakaan di Kota Kediri adalah kurangnya pengetahuan pengendara tentang tata cara mengemudi dijalan raya. Dalam penelitian ini dibuat sebuah sistem pembelajaran mengemudi dengan konsep game dan simulasi dengan desain mudah dilihat, tidak bertele-tele, lengkap dan sederhana sehingga mudah dibahami. Sistem yang dibuat memuat pengetahuan dasar mengemudi, pengetahuan tentang rambu-rambu dan marka, serta simulasi dan kuis tentang tata cara berkendara dengan baik dan benar.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i1.904
PDF

References

Dian Putri Nastiti, Baju Widjasena, Ekawati. 2015. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebiasaan Mengemudi Tidak Aman Pada Sopir Angkot Daerah Tembalang Kota Semarang”.

Riki Wahyudi, Hendra Handoko Syahputra Pasaribu. 2015. Perancangan Aplikasi Quiz Menggunakan Metode Pengacakan Linear Congruential Generator (LCG) Berbasis Android.

Godham Eko Saputro, Toto Haryadi , Dzuha Hening Yanuarsari. 2016. “Perancangan Purwarupa Komik Interaktif Safety Riding Berkonsep Digital Storytelling”.

Arimaz Hangga dan Hendro Eko Prabowo. 2016. “Modifikasi Linear Congruential Generator untuk Sistem Pengacakan Soal pada Computer Based Test (CBT)”.

Raditya Ariwibowo. 2013. “Hubungan Antara Umur, Tingkat Pendidikan, Pengetahuan, Sikap Terhadap Praktik Safety Riding Awareness Pada Pengendara Ojek Sepeda Motor Di Kecamatan Banyumanik”.

Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. 2019. Jumlah kendaraan bermotor.

Kabar24.bisnis.com. 2020. Orang meninggal dunia akibat kecelakaan sepanjang 2020.

repository.stimart-amni.ac.id. Gineung Cynthia Utari. 2010.

Dwi Rizki Purnamasari. 2016. “Implementasi Linear Congruent Method (Lcm) Pada Game Hangaroo Berbasis Android”.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Dimas Arif Muragil, Patmi Kasih, Umi Mahdiyah

Downloads

Download data is not yet available.