Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas usability Aplikasi Panjalu e-Library yang dikembangkan oleh Perpustakaan Mastrip Pare sebagai sarana digitalisasi layanan perpustakaan. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada 104 responden yang terdiri dari siswa, guru, dan staf sekolah. Instrumen yang digunakan terdiri dari enam variabel usability berdasarkan model User Experience Questionnaire (UEQ), yaitu Attractiveness, Efficiency, Perspicuity, Dependability, Stimulation, dan Novelty. Uji validitas dilakukan dengan metode korelasi Corrected Item-Total Correlation, sedangkan reliabilitas diuji menggunakan Cronbach’s Alpha. Hasil uji menunjukkan bahwa seluruh item instrumen valid dan reliabel, dengan nilai Cronbach’s Alpha rata-rata sebesar 0,827. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa lima dari enam variabel berada pada kategori “Baik”, yaitu Attractiveness (3,43), Efficiency (3,55), Dependability (3,56), Stimulation (3,68), dan Novelty (3,65). Sementara itu, variabel Perspicuity (Kejelasan) memperoleh skor 3,16 yang termasuk dalam kategori “Cukup”, menunjukkan masih adanya kesulitan pemahaman bagi sebagian pengguna. Berdasarkan hal tersebut aplikasi Panjalu e-Library secara umum sudah layak digunakan dan memiliki kualitas usability yang baik. Namun, perlu dilakukan pengembangan lebih lanjut terutama pada aspek kejelasan informasi dan kemudahan navigasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.
References
[1] Wardani, A. S., Harini, D., Daniati, E., Muzaki, M. N. K. S., Nugroho, A., & Indriati, R.., “Pelatihan Media Promosi Digital Produk,” vol. 3, no. 2, 2024, doi: 10.29407/dimastara.v3i3.22684.
[2] Giandaka, D. S. D. F. P., Indriati, R., & Harini, D., “Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) 164,” Online, 2024.
[3] Rahmafitri, F., Deswita, E., & Trisoni, R .Sekolah Menengah Atas Negeri, and R. Trisoni, “Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka dan Implikasinya Terhadap Kualitas Pendidikan,” DIRASAH, vol. 7, no. 1, 2024, [Online]. Available: https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah
[4] Zarkasi, A. C., Wardani, A. S., & Sucipto, S, “ANALISA USER EXPERIENCE TERHADAP FITUR DI APLIKASI ZENIUS MENGGUNAKAN HEART FRAMEWORK,” METHOMIKA Jurnal Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi, vol. 6, no. 6, pp. 174–179, Oct. 2022, doi: 10.46880/jmika.Vol6No2.pp174-179.
[5] Kurniawati, E., & Indah Ratnasari, C. Teknologi Industri UII Yogyakarta, “Pengujian Pengalaman Pengguna (User Experience) Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ): Studi Kasus Pada Website Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia.” [Online]. Available: www.fit.uii.ac.id.
[6] Palullungan, L., Rorong, I. F., & Th Maramis, M. Ekonomi dan Bisnis, and J. Ekonomi Pembangunan Universitas Sam Ratulangi Manado, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI HORTIKULTURA (STUDI KASUS PADA USAHA TANI SAYUR KENTANG DI DESA SINISIR KECAMATAN MODOINDING).”
[7] Hastuti, P., Pratama, R. A., & Sakkinah, I. S., “ANALISIS DAN EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA AMetative HLE DENGAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE,” vol. 13, no. 2, 2024.
[8] Bahrudin, R. R., Muzaki, M. N., & Wardani, A. S, “METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi PENGUKURAN TINGKAT EFEKTIFITAS SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN TEORI DELONE & MCLEAN,” vol. 7, no. 1, 2023, doi: 10.46880/jmika.Vol7No1.pp128-137.
[9] N. Suryani, Ms. Jailani, N. Suriani, R. Raden Mattaher Jambi, and U. Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, “Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan.” [Online]. Available: http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan
[10] Raharjo, R. P., Zemima, R. K., & Nurwulandari, A. T., “Pengaruh Daya Tarik Visual Produk dan Reputasi Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening,” 2024.
[11] Nooriza, R. Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Cinema Ticketing Di Indonesia Menggunakan User Experience Questionnaire (Ueq). In

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 M.alfianto Alamsyah, Rini Indriati, Dwi Harini
