Abstract
Perkembangan teknologi dan desain antarmuka mendorong banyak aplikasi, termasuk WhatsApp, untuk menyediakan pilihan mode tampilan terang dan gelap guna meningkatkan kenyamanan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan pengalaman pengguna saat menggunakan mode gelap dan mode terang pada aplikasi WhatsApp dengan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Metode UEQ digunakan karena mampu mengevaluasi pengalaman pengguna secara komprehensif melalui enam dimensi utama, yaitu attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation, dan novelty. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring yang disebarkan kepada 53 responden yang telah menggunakan kedua mode tampilan. Hasil analisis menunjukkan bahwa mode gelap lebih disukai oleh mayoritas responden, terutama karena memberikan kenyamanan visual, mengurangi kelelahan mata, dan cocok digunakan pada malam hari. Sementara itu, mode terang dinilai lebih efektif digunakan pada siang hari karena tampilan yang lebih terang dan kontras. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa mode gelap memberikan pengalaman pengguna yang lebih positif secara keseluruhan, namun fleksibilitas pengaturan tampilan tetap penting agar pengguna dapat menyesuaikan dengan kondisi dan preferensi pribadi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembang aplikasi dalam menyempurnakan desain antarmuka yang adaptif terhadap kebutuhan pengguna.
References
[1] A. Zakilah Ifani, A. Mawaddah Sumardi, and N. Baytikhalishah, “Perbandingan Keamanan dan Performa Aplikasi WhatsApp dan Telegram dengan Menggunakan Metode NIJ.”
[2] Z. Salsabila, F. Halim, A. Febryan First Putra Lumban gaol, and A. Alfredo Hutauruk, “Penggunaan User Experience Questionnaire Plus (UEQ+) untuk Mengevaluasi Pengalaman Pengguna Aplikasi Mypertamina,” Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, vol. 7, no. 4, 2023, doi: 10.33395/remik.v7i4.13052.
[3] A. Cory Zarkasi and A. Sari Wardani, “METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi ANALISA USER EXPERIENCE TERHADAP FITUR DI APLIKASI ZENIUS MENGGUNAKAN HEART FRAMEWORK,” vol. 6, no. 2, 2022, doi: 10.46880/jmika.Vol6No2.pp174-179.
[4] M. A. Romli, “Analisis dan Evaluasi Pengalaman Pengguna Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) Pada Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi.”
[5] N. K. R. Juniantari, I. Nyoman, and T. A. Putra, “ANALISIS SISTEM INFORMASI DPMPTSP MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE,” Jurnal Informatika dan Komputer) Akreditasi KEMENRISTEKDIKTI, vol. 4, no. 1, 2021, doi: 10.33387/jiko.
[6] S. Putro, M. P. Kurniawan, and K. Kunci -Lapor Bantul, “Penerapan Metode UEQ dan Cooperative Evaluation untuk Mengevaluasi User Experience Lapor Bantul Implementation Methods of UEQ and Cooperative Evaluation to Evaluate User Experience Lapor Bantul,” Citec Journal, vol. 6, no. 1, 2019.
[7] P. Ujian, / Sidang, S. Program, S. Sistem, and I. Fakultas Teknik, “Skripsi Oleh : NENOK ATMI RIYANTO.”
[8] A. Prayoga, C. W. Kusuma, M. Christy, and R. Andika, “Christy dan Andika-Analisis User Experience Jogjakita Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ).”
[9] M. L. Rahimsyah, A. N. Hayati, and R. N. Arapah, “ANALISIS TERHADAP APLIKASI WHATSAPP DAN LINE MENGGUNAKAN METODE USABILITY DALAM TEKNOLOGI KOMUNIKASI,” Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), vol. 5, no. 2, 2021.
[10] S. Prasetyaningsih and S. P. N. Muchtar, “Analisis Perbandingan User Experience pada Website dan Aplikasi Mobile Shopee Menggunakan UEQ,” JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, vol. 5, no. 3, pp. 162–170, Sep. 2023, doi: 10.35746/jtim.v5i3.326.
[11] A. Muhammad, B. T. Hanggara, and H. Muslimah Az-Zahra, “Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna Aplikasi Whatsapp dan Telegram menggunakan Kuesioner Mecue,” 2022. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
[12] “9.+CE_Kismawati”.
[13] A. Saepudin, U. Hayati, and A. Bahtiar, “ANALISIS APLIKASI DITONTON APP DENGAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ),” 2023. [Online]. Available: https://www.ueq-
[14] G. Sarjana and P. Fisika Disusun, “RANCANG BANGUN APLIKASI GOFISPTN PENDEKATAN SELF REGULATED LEARNING UNTUK SIMULASI TKA FISIKA SBMPTN SKRIPSI Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Syarat Guna Memperoleh.”
[15] Z. Salsabila, F. Halim, A. Febryan First Putra Lumban gaol, and A. Alfredo Hutauruk, “Penggunaan User Experience Questionnaire Plus (UEQ+) untuk Mengevaluasi Pengalaman Pengguna Aplikasi Mypertamina,” Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, vol. 7, no. 4, 2023, doi: 10.33395/remik.v7i4.13052.
[16] R. Mukti, M. Fronita, U. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, J. H. Soebrantas KM, T. Madani, and K. Tuah Madani, “USER EXPERIENCE ANALYSIS ON FACEBOOK MARKETPLACE PEKANBARU USING USER EXPERIENCE QUESTIONER METHOD ANALISIS PENGALAMAN PENGGUNA PADA FACEBOOK MARKETPLACE PEKANBARU DENGAN MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONER,” vol. 10, no. 2, p. 2025.
[17] A. F. Yasmin, B. Nugraha, and T. Ridwan, “PERANCANGAN UI/UX SISTEM ABSENSI UMKM INDOMOM FOOD BERBASIS WEB MENGGUNAKAN GIS DENGAN METODE UCD,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3S1, Oct. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3S1.5214.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 DikaAdiP, Galih Ratna widyaningtias , Trisna Wahyu Intan Permadani, muhammad adam
