Penerapan Algoritma K-Means untuk Pengelompokan Minat dan Prestasi Siswa SMK PGRI 1 Kediri
PDF

Keywords

Teknologi Informasi
SMK
Minat Karir
K-Means Clustering

How to Cite

Penerapan Algoritma K-Means untuk Pengelompokan Minat dan Prestasi Siswa SMK PGRI 1 Kediri. (2025). Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 9(2), 1183-1190. https://doi.org/10.29407/aspqv204

Abstract

Perkembangan teknologi informasi menuntut SMK  PGRI 1 Kediri menghasilkan lulusan yang kompeten dan berminat tinggi di bidang Teknik Informatika. Namun, tidak semua siswa menunjukkan performa dan minat yang sama. Penelitian ini bertujuan mengelompokkan siswa kelas XI jurusan TKJ berdasarkan nilai praktik dan minat karir menggunakan metode K-Means Clustering. Data dianalisis melalui normalisasi dan Elbow Method, yang menunjukkan jumlah cluster optimal adalah dua yaitu siswa berprestasi dan siswa yang memerlukan pendampingan. Penelitian  ini menunjukkan bahwa K-Means efektif dalam segmentasi siswa untuk mendukung strategi pembelajaran dan perencanaan karir yang lebih tepat sasaran.

PDF

References

[1] S. Nurul, Shynta Anggrainy, and Siska Aprelyani, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keamanan Sistem Informasi: Keamanan Informasi, Teknologi Informasi Dan Network (Literature Review Sim),” J. Ekon. Manaj. Sist. Inf., vol. 3, no. 5, pp. 564–573, 2022, doi: 10.31933/jemsi.v3i5.992.

[2] J. Hermaini and E. Nurdin, “Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dari Perspektif Minat Belajar?,” JURING (Journal Res. Math. Learn., vol. 3, no. 2, p. 141, 2020, doi: 10.24014/juring.v3i2.9597.

[3] B. M. Metisen and H. L. Sari, “Analisis clustering menggunakan metode K-Means dalam pengelompokkan penjualan produk pada Swalayan Fadhila,” J. Media Infotama, vol. 11, no. 2, pp. 110–118, 2015, doi: doi.org/10.37676/jmi.v11i2.258.

[4] Rahmawati and T. Arifin, “Penerapan Algoritma K-Means Untuk Pengelompokan Siswa Lolos Snmptn Di Sman 8 Bandung,” J. Responsif Ris. Sains dan Inform., vol. 2, no. 2, pp. 184–190, 2020, doi: 10.51977/jti.v2i2.271.

[5] E. Fauziningrum, M.Pd and E. I. Sulistyaningsih, “Penerapan Data Mining Metode Decision Tree Untuk Mengukur Penguasaan Bahasa Inggris Maritim (Studi Kasus Di Universitas Maritim Amni),” J. Sains Dan Teknol. Marit., vol. 22, no. 1, p. 41, 2021, doi: 10.33556/jstm.v22i1.285.

[6] F. N. Mahmudah and E. C. S. Putra, “Tinjauan pustaka sistematis manajemen pendidikan: Kerangka konseptual dalam meningkatkan kualitas pendidikan era 4.0,” J. Akuntabilitas Manaj. Pendidik., vol. 9, no. 1, pp. 43–53, 2021, doi: 10.21831/jamp.v9i1.33713.

[7] J. H. Yam and R. Taufik, “Hipotesis Penelitian Kuantitatif,” J. Ilmu Adm., vol. 3, no. 2, pp. 96–102, 2021, doi: doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540.

[8] N. S. Ishak and F. B. Khalid, “Penggunaan video YouTube bagi Meningkatkan Minat dan Pencapaian murid dalam Pembelajaran Geografi Fizikal di Sekolah Menengah,” Malaysian J. Soc. Sci. Humanit., vol. 6, no. 3, pp. 228–240, 2021, doi: 10.47405/mjssh.v6i3.708.

[9] Y. R. Nasution and A. Raja, “PENERAPAN METODE SIMPLE MULTI ATRIBUTE RATING TEHNIQUE DAN ALGORITMA K- NEAREST NEIGHBOR DALAM PENENTUAN JURUSAN,” J. Sci. Soc. Res., vol. 4307, no. February, pp. 61–65, 2021, doi: doi.org/10.54314/jssr.v4i1.474.

[10] A. R. Lashiyanti, I. Rasyid Munthe, F. A. Nasution, and E. P. Korespondensi, “Optimisasi Klasterisasi Nilai Ujian Nasional dengan Pendekatan Algoritma K-Means, Elbow, dan Silhouette,” J. Ilmu Komput. dan Sist. Inf. (JIKOMSI, vol. 6, no. 1, pp. 14–20, 2023, doi: doi.org/10.55338/jikomsi.v6i1.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2025 Asyadam abriel Rosadi, Risa Helilintar, Intan Nur Farida