Abstract
Perkembangan teknologi informasi membuka peluang pengembangan media pembelajaran interaktif. Aplikasi buku cerita Ande Ande Lumut menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) untuk menggabungkan buku dongeng tradisional dengan elemen digital yang menarik. Ilustrasi cerita dibuat secara mandiri menggunakan Photoshop, kemudian dikembangkan dengan Unity dan Vuforia sebagai engine AR. Aplikasi ini memungkinkan gambar muncul dalam bentuk objek 3D atau animasi interaktif melalui kamera smartphone berbasis Android. Tujuan utama aplikasi adalah meningkatkan pengalaman belajar anak-anak dengan cara yang menyenangkan dan edukatif. Dengan memanfaatkan teknologi AR dan kreativitas ilustrasi, aplikasi ini diharapkan menjadi media pembelajaran yang efektif dan inovatif di era digital.
References
[1] P. T. B. Ngastiti, A. K. Umam, and A. Alfan, “Using Augmented Reality-Based e-Book for Improving Students’ Learning Motivation in Analytical Geometry Course,” Jurnal Pendidikan MIPA, vol. 23, no. 2, pp. 624–632, 2022, doi: 10.23960/jpmipa/v23i2.pp624-632.
[2] L. Yang, W. Susanti, A. Hajjah, Y. N. Marlim, and G. Tendra, “Perancangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Teknologi Augmented Reality,” Edukasi: Jurnal Pendidikan, vol. 20, no. 1, pp. 122–136, 2022, doi: 10.31571/edukasi.v20i1.3830.
[3] S. Khairunnisa and T. A. Aziz, “Studi Literatur: Digitalisasi Dunia Pendidikan dengan Menggunakan Teknologi Augmented Reality pada Pembelajaran Matematika,” Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, vol. 3, no. 2, pp. 53–62, 2021, doi: 10.21009/jrpmj.v3i2.22267.
[4] R. T. Azuma, “A Survey of Augmented Reality,” Presence: Teleoperators and Virtual Environments, vol. 6, no. 4, pp. 355–385, 1997, doi: 10.1162/pres.1997.6.4.355.
[5] N. R. Pahlevi, M. D. K. Degeng, and S. Ulfa, “Storybook berbasis augmented reality (AR) meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris siswa,” Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, vol. 7, no. 1, pp. 1–8, 2024, doi: 10.30872/diglosia.v7i1.880.
[6] M. H. Kurniawan, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis AR ‘Augmented Reality’ Pada Materi Sistem Tata Surya Kelas 6 SD,” JPGSD, vol. 10, pp. 1401–1414, 2022.
[7] D. Atmajaya, “IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY UNTUK,” vol. 9, pp. 227–232, 2017.
[8] M. Teknologi and A. Reality, “Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality,” no. May 2015, 2017, doi: 10.24002/jbi.v6i2.404.
[9] S. Puspasari, “Enhancing The Visitors Learning Experience in SMB II Museum Using Augmented Reality Technology,” no. July, 2020, doi: 10.1109/ICEEI47359.2019.8988831.
[10] R. E. Mayer, Multimedia Learning, 2nd ed. Cambridge: Cambridge University Press, 2009. doi: DOI: 10.1017/CBO9780511811678.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 MUHAMMAD ARIEL RIZQI VIERI, Daniel Swanjaya, Danar Putra Pamungkas, Muh. Aris Saputra
