Abstract
Perkembangan teknologi mobile telah mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi dan inspirasi, termasuk di bidang fashion. Namun, masih banyak aplikasi fashion yang belum memperhatikan kenyamanan pengguna dari sisi desain antarmuka dan pengalaman pengguna (UI/UX). Penelitian ini bertujuan untuk merancang prototype UI/UX aplikasi inspirasi fashion berbasis mobile dengan menggunakan pendekatan User Centered Design (UCD). Tahapan UCD yang digunakan meliputi pemahaman konteks penggunaan, identifikasi kebutuhan pengguna, perancangan solusi desain, dan evaluasi. Proses desain disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, di mana inspirasi outfit bersumber dari postingan para pengguna aplikasi. Pengguna tidak hanya dapat mencari inspirasi dari orang lain, tetapi juga dapat membagikan outfit mereka sendiri untuk menjadi referensi bagi komunitas. Evaluasi prototipe dilakukan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dengan melibatkan responden sesuai target pengguna aplikasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa prototipe yang dirancang memiliki tingkat usability yang baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan aplikasi fashion yang lebih interaktif, personal, dan user-friendly.
References
[1] W. Sujatmiko, Y. Hendarso, and A. Idi, “Gaya Berpakaian di Media Sosial pada Remaja Perempuan di Pendopo Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir,” JURNAL SOSIAL EKONOMI DAN HUMANIORA, vol. 10, no. 3, pp. 350–360, Sep. 2024, doi: 10.29303/jseh.v10i3.602.
[2] Rolika Firinanda, Shelaisha Ayu Citra Lestari, Ajeng Nurul Izzah, and Maria Laras Pramesti, “Pesona Outfit Sebagai Identitas Anak Muda Saat Mengunjungi Kafe,” Harmoni: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Sosial, vol. 1, no. 3, pp. 263–276, Sep. 2023, doi: 10.59581/harmoni-widyakarya.v1i3.1847.
[3] A. H. Luthfi and I. Arfiani, “Perancangan UI/UX Aplikasi Sampahocity Menggunakan Pendekatan UCD (User Centered Design),” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIKOMSI), vol. 7, no. 1, pp. 24–36, 2024.
[4] W. D. P. Rahayu, A. A. Hendriadi, and T. Ridwan, “PERANCANGAN UI UX APLIKASI WEBSITE SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DSIGN (STUDI KASUS DESA LOSARI KIDUL),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, Aug. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4994.
[5] C. Adhitya, R. Andreswari, and P. F. Alam, “Analysis and Design of UI and UX Web-Based Application in Maiproyek Startup Using User Centered Design Method in Information System Program of Telkom University,” IOP Conf Ser Mater Sci Eng, vol. 1077, no. 1, p. 012039, Feb. 2021, doi: 10.1088/1757-899x/1077/1/012039.
[6] T. Daffa, A. Dakhilullah, and B. Suranto, “Penerapan Metode User Centered Design Pada Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi I-Star.”
[7] M. K. Rizal, R. Indriati, and A. S. Wardani, “PENGEMBANGAN UI/UX WEBSITE STUDIO FOTOGRAFI,” 2024.
[8] A. Wicak et al., “Bulletin of Information Technology (BIT) Desain User Interface Website Pemetaan Tanaman Obat Dan Langka Di Kabupaten Kediri Dengan Menggunakan Figma,” vol. 3, no. 4, pp. 281–288, 2022, doi: 10.47065/bit.v3i1.
[9] M. Okty Dea Pratama, “Pengembangan Prototipe Desain User Interface & User Experience (UI/UX) Pada Aplikasi OSS URINDO Menggunakan FIGMA,” Jurnal Teknologi Informasi, vol. 8, 2022, [Online]. Available: http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/TI
[10] M. Fajar Ariwibowo, I. Swadaya Hidayat, M. Putri Andita, and A. Mawarindani Indra, “Memanfaatkan Aplikasi Pinterest Sebagai Referensi Untuk Membuat Konten Digital Marketing,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (JPMN), vol. 4, no. 2, pp. 192–196, Nov. 2024, doi: 10.35870/jpmn.v4i2.3231.
[11] I. Rachmawati and R. Setyadi, “Evaluasi Usability Pada Sistem Website Absensi Menggunakan Metode SUS,” Journal of Information System Research (JOSH), vol. 4, no. 2, pp. 551–561, Jan. 2023, doi: 10.47065/josh.v4i2.2868.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Dymarconnik E.H Dymar, Faizha Yuga S., Erna Daniati

