Abstract
Kinerja guru dalam konteks aktivitas belajar mengajar memiliki dampak yang signifikan terhadap siswa, baik dari segi kualitas maupun kuantitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja guru dengan fokus pada aspek kehadiran, kemampuan mengajar, profesionalisme, serta kepribadian dan sosial. Metode Multi-Objective Optimization by Ratio Analysis (MOORA) digunakan untuk menilai kinerja guru dalam kegiatan belajar mengajar. Proses evaluasi melibatkan normalisasi, normalisasi terbobot, dan penentuan nilai yi, yang menghasilkan peringkat kinerja. Validasi menggunakan Content Validity Ratio (CVR) menunjukkan hasil valid dengan skor 0.800 (80%), sementara Content Validity Index (CVI) mencapai 0.900 (90%), mengonfirmasi keefektifan solusi evaluasi kinerja guru dalam mengatasi masalah yang ada. Sistem pendukung keputusan ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan meningkatkan kinerja guru dalam aktivitas belajar mengajar.
References
A. Aswaruddin, “Manajemen Penilaian Kinerja Guru,” J. Adm. Educ. Manag., vol. 4, no. 2, pp. 212–222, 2021, doi: 10.31539/alignment.v4i2.2567.
T. Gultom, “Penilaian Kinerja Guru Mengenai Profesionalisme Guru Di Smp Negeri 2 Pangaribuan Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2020,” J. Educ. Teach. Learn., vol. 2, no. 3, pp. 29–43, 2020, doi: 10.51178/jetl.v2i3.66.
H. Rohman, “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru,” J. MADINASIKA Manaj. dan Kelas, vol. 1, no. 2, pp. 92–102, 2020, [Online]. Available: https://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika
V. Yesinthia, S. Siswanto, and I. Kanedi, “Penerapan Metode Moora dalam Penilaian Kinerja Guru di SMK Negeri 3 Kota Bengkulu,” J. Multidisiplin Dehasen, vol. 1, no. 1, pp. 13–19, 2022, doi: 10.37676/mude.v1i1.1973.
S. Manurung, Y. H. Nainggolan, and Y. Rumapea, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penilaian Kinerja Guru Dan Pegawai Menggunakan Metode Vikor (Studi Kasus : SMP Negeri 1 Kota Tebing Tinggi),” J. Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 49–52, 2022, doi: 10.32938/jitu.v2i2.2994.
Arjun Nainggolan, Annisa Siregar, and M. Mesran, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Indeks Kinerja Sales Marketing Menerapkan Metode MOORA,” Hello World J. Ilmu Komput., vol. 1, no. 3, pp. 121–129, 2022, doi: 10.56211/helloworld.v1i3.125.
A. A. Widodo and M. Misdram, “Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Menggunakan Metode Profile Matching (Studi Kasus : Pt . Metsuma Anugrah Graha),” J. Mnemon., vol. 2, no. 2, pp. 18–23, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.itn.ac.id/index.php/mnemonic/article/view/2259
M. Rizky and A. Setiawan, “Penerapan Metode MOORA Dalam Penentuan Wali Kelas Terbaik ( Studi Kasus : Yayasan Perguruan Brigjen Katamso II Medan ),” no. 1, 2023.
K. Adhicahyo and I. M. G. Sunarya, “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Simple Additive Weight Untuk Mengevaluasi Kinerja Dan Ketentuan Jam Mengajar Guru Di Smks Triatmajaya Singaraja,” Inser. Inf. Syst. Emerg. Technol. J., vol. 4, no. 1, pp. 1–12, 2023.
S. Proboningrum and Acihmah Sidauruk, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Kain Dengan Metode Moora,” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 8, no. 1, pp. 43–48, 2021, doi: 10.30656/jsii.v8i1.3073.
L. Crocker, “Content Validity,” Int. Encycl. Soc. Behav. Sci. Second Ed., no. 01, pp. 774–777, 2015, doi: 10.1016/B978-0-08-097086-8.44011-0.
G. A. D. Sugiharni, “Pengujian Validitas Konten Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Model Creative Problem Solving,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 2, no. 2, p. 88, 2018, doi: 10.23887/jppp.v2i2.15378.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2024 Prima Sanubari, Ahmad Bagus Setiawan, Rony Heri Irawan