ANALISIS RISIKO KUANTITATIF ASET TI PADA BLC E-GOV DINKOMINFO SURABAYA
PDF

Keywords

aset TI
BLC
QRA

How to Cite

Dewi, M. A. ., Ambarwati, A. ., & Darujati, C. . (2020). ANALISIS RISIKO KUANTITATIF ASET TI PADA BLC E-GOV DINKOMINFO SURABAYA. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 2(1), 007–012. https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.448

Abstract

Pemerintahan Kota Surabaya merupakan pemerintahan kota yang kerap menjadi percontohan untuk kota lainnya. Peranan teknologi informasi (TI) memiliki andil besar dalam semakin baiknya layanan pemerintahan kota Surabaya. Beberapa fitur layanan berbasis TI terbaik dari pemerintah kota Surabaya di antaranya adalah sapawarga, Surabaya Single Window (SSW), Broadband Learning Center (BLC) dan e-health. BLC berada di bawah pengelolaan e-Gov Dinas Komunikasi dan Informatika (DINKOMINFO) Surabaya. Salah satu tugas BLC adalah memberikan layanan kepada masyarakat Surabaya berupa  fasilitas pembelajaran TI yang dapat dimanfaatkan secara gratis sehingga warga kota Surabaya tidak gagap teknologi. BLC memiliki asset TI yang cukup beragam yang digunakan dalam menjalankan tugasnya. TI selain memberi manfaat juga menghadirkan risiko yang mengancam keberlangsungan layanan BLC. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengukuran terhadap risiko aset TI pada BLC E-Gov DINKOMINFO Surabaya dengan menggunakan metode Quantitative Risk Analysis (QRA). Aset TI yang digunakan berupa Monitor, CPU, Projector dan Stavolt. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa aset TI berupa CPU  merupakan aset yang memiliki risiko tertinggi dan perlu tindakan pengendalian oleh BLC, berupa maintenance secara periodik untuk meminimalkan risiko yang dapat terjadi

https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.448
PDF

References

Republik Indonesia, UNDANG-UNDANG NOMOR 15 TAHUN 2004 Tentang PEMERIKSAAN PENGELOLAAN DAN TANGGUNG JAWAB KEUANGAN NEGARA. Jakarta: SEKRETARIS NEGARA REPUBLIK INDONESIA, 2004.

A. Jones and D. Ashenden, Risk management for computer security : Protecting your network and information assets, 1st Edition. Elsevier Butterworth–Heinemann, 2005.

J. W. Meritt, “A Method for Quantative Risk Analysis,” in Proceedings of the 22nd National Information Systems Security Conference, 1999.

T. R. Peltier, Information Security Risk Analysis, Second Edition. Boca Raton: CRC Press Taylor & Francis Group, 2005.

A. Yulianto, A. Ambarwati, and C. Darujati, “ANALISIS MANAJEMEN RISIKO TI PEMELIHARAAN ASET MENGGUNAKAN QUANTITATIVE RISK ANALYSIS (QRA) PADA PT. HMS,” in Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa Informasi (SENTRIN) 2016, 2016, pp. 45–51.

D. Tan, “Quantitative Risk Analysis Step-By-Step,” SANS Institute, 2003.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Mutia Annisa Dewi, Awalludiyah Ambarwati, Cahyo Darujati

Downloads

Download data is not yet available.