OTOMATISASI TROUBLE TICKET UNTUK PENINGKATAN PERFORMANSI SISTEM INFORMASI MONITORING PERANGKAT PENDUKUNG JARINGAN PT. INDOSATM2
PDF

Keywords

metode spiral
monitoring
trouble ticket

How to Cite

Janottama, A. ., Ambarwati, A. ., & Al Azam, M. N. . (2020). OTOMATISASI TROUBLE TICKET UNTUK PENINGKATAN PERFORMANSI SISTEM INFORMASI MONITORING PERANGKAT PENDUKUNG JARINGAN PT. INDOSATM2. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 1(1), 051–058. https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.350

Abstract

PT. INDOSATM2 (INDOSAT MEGA MEDIA) adalah anak perusahaan dari PT. INDOSAT OOREDOO  yang merupakan penyedia jasa internet bagi pelanggan skala perusahaan atau corporate. Infrastruktur jaringan PT. INDOSATM2 tersebar diberbagai titik dimana salah satu cabang regionalnya terletak di Surabaya. Stabilitas jaringan merupakan jaminan yang diberikan kepada pelanggan. Namun terkadang gangguan dapat terjadi pada perangkat jaringan perusahaan ataupun di lokasi pelanggan. Penanganan gangguan atau troubleshooting perusahaan saat ini masih dilakukan secara manual, dengan melakukan input ticket toubleshoot yang dilakukan oleh Customer Service. Hal tersebut menyebabkan notifikasi atau penanganan gangguan hanya terpaku pada informasi yang diberikan oleh Customer Service, sehingga membuat waktu penanganan gangguan menjadi lebih lama. PT. INDOSATM2 berusaha meminimalkan gangguan dan mempercepat penanganan gangguan. Untuk itu dikembangkan sistem informasi monitoring infrastruktur jaringan dan otomasi trouble ticket real time menggunakan metode spiral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi monitoring infrastruktur jaringan dan otomatisasi trouble ticket memiliki fitur notifikasi, serta monitoring proses troubleshooting secara real time untuk semua infrastruktur di area Surabaya. Selain itu juga dapat dihasilkan laporan secara periodik  berupa laporan gangguan yang telah maupun yang masih belum diselesaikan. Laporan tersebut dapat dijadikan dasar bagi PT. INDOSATM2 untuk melakukan peremajaan perangkat, atau peningkatan pada beberapa aspek kenyamanan layanan bagi pelanggan.

https://doi.org/10.29407/inotek.v1i1.350
PDF

References

Afdilah, Arif. 2012. Sistem Informasi Monitoring dan Absensi Pegawai dengan menggunakan Ruby On Rails Study Kasus CV. Fernus Light Surabaya, Skripsi, Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Pembangunan Nasional “VETERAN”, Surabaya.

Priyanto, W., Didik Nugroho, Bebas Widada 2015. Sistem Informasi Monitoring Perkuliahan Berbasis Web Di STMIK Sinar Nusantara Surakarta. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIKomSiN). No 1. Vol 3. Hal. 53-58, 2338-4018, http://p3m.sinus.ac.id/jurnal/index.php/TIKomSiN/article/view/194/172 diakses pada tanggal 15 Desember 2016

Pressman, Roger S., 2002, Rekayasa Perangkat Lunak. ANDI. Yogyakarta.

Pressman, Roger S. 2001, Software Engineering: A Practitioner’s Approach 5th ed., McGraw-Hill, New York.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Angga Janottama, Awalludiyah Ambarwati, Mohammad Noor Al Azam

Downloads

Download data is not yet available.