Penerapan Design Model Visualisasi pada Pemetaan Tanaman Obat dan Langka Kabupaten Kediri Menggunakan Microsoft Power BI
PDF

Keywords

Data Warehouse
Visualisasi
Tanaman

How to Cite

Stiawan, H. ., Muzaki, M. N. ., & Wardani, A. S. (2023). Penerapan Design Model Visualisasi pada Pemetaan Tanaman Obat dan Langka Kabupaten Kediri Menggunakan Microsoft Power BI. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 7(3), 1383–1391. https://doi.org/10.29407/inotek.v7i3.3585

Abstract

Penelitian berlatar pada kolaborasi antara Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kediri dengan Universitas Nusantara PGRI Kediri yang memiliki tugas memetakan data tanaman obat dan langka Kabupaten Kediri. Pemetaan ini, data yang disimpan hanya di Google Spreadsheet sehingga kualitas penyimpanan datanya kurang baik. Sehingga pada penelitian ini akan memberikan peningkatan dalam peningkatan penyimpanan kualitas data berupa data warehouse. Selain itu juga data yang sudah disimpan di data warehouse akan dibuatkan visualisasi data sehingga memudahkan pemangku kepentingan dalam mengambil sebuah keputusan nantinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode waterfall dalam pengembangan data warehouse dan pendekatan dalam desain data warehouse yaitu snowflake schema. Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah data warehouse yang dirancang sudah dapat diimplementasikan dalam penyimpanan data sehingga kualitas peyimpanan data sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Selain itu penelitian ini menghasilkan dashboard visualisasi tanaman obat dan langka yang dapat dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan

https://doi.org/10.29407/inotek.v7i3.3585
PDF

References

E. Miranda, F. Firmansyah, and D. E. Emerald, “Desain Business Intelligence untuk Manajemen Rumah Sakit,” JURNAL SISTEM INFORMASI BISNIS, vol. 11, no. 1, pp. 62–69, Aug. 2021, doi: 10.21456/vol11iss1pp62-69.

B. Krisanda Easterita, I. Arwani, D. E. Ratnawati, and P. Korespondensi, “PENGEMBANGAN DATA WEREHOUSE DAN ONLINE ANALYTICAL PROCESSING (OLAP) UNTUK ANALISIS DATA ARTIKEL PADA JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN ILMU KOMPUTER (JTIIK),” 2020.

R. Wijaya and B. Pudjoatmodjo, “Penerapan Extraction-Transformation-Loading (ETL) Dalam Data Warehouse (Studi Kasus : Departemen Pertanian),” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), vol. 5, no. 2, 2016.

Y. Oslan and D. H. Kristanto, “PROSES ETL (EXTRACT TRANSFORMATION LOADING) DATA WAREHOUSE UNTUK PENINGKATAN KINERJA BIODATA DALAM MENYAJIKAN PROFIL MAHASIWA DARI DIMENSI ASAL SEKOLAH Studi Kasus: Biodata Mahasiswa UKDW,” vol. 3, no. 1, 2019.

S. K. Dirjen et al., “Terakreditasi SINTA Peringkat 2 Rancang Bangun Engine ETL Data Warehouse dengan Menggunakan Bahasa Python,” masa berlaku mulai, vol. 1, no. 3, pp. 113–123, 2017.

A. Filiana, A. G. Prabawati, M. N. A. Rini, G. Virginia, and B. Susanto, “Perancangan Data Warehouse Perguruan Tinggi untuk Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 6, no. 2, Aug. 2020, doi: 10.28932/jutisi.v6i2.2557.

M. Ariandi and S. Rahma Puteri, “Analisis Visualisasi Data Kecamatan Kertapati menggunakan Tableau Public,” Bulan Oktober, 2022.

D. Hartama, “ANALISA VISUALISASI DATA AKADEMIK MENGGUNAKAN TABLEAU BIG DATA,” Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika (JURASIK), no. 3, pp. 46–55, 2018, [Online]. Available: http://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jurasik

S. Z. Yumni and W. Widowati, “Implementasi Microsoft Power BI Dalam Memantau Kehadiran dan Transportasi Pegawai,” Jurnal Sains dan Edukasi Sains, vol. 4, no. 1, pp. 1–8, Apr. 2021, doi: 10.24246/juses.v4i1p1-8.

D. Armansyah, “VISUALISASI DASHBOARD DATA TRI DARMA DOSEN PADA UNIVERSITAS BINA DARMA,” Bina Darma Conference on Computer Science.

K. Steven, S. Hariyanto, R. Arijanto, and A. H. Wijaya, “PENERAPAN BUSINESS INTELLIGENCE UNTUK MENGANALISIS DATA PADA PT. SURYAPLAS INTITAMA MENGGUNAKAN MICROSOFT POWER BI,” 2021. [Online]. Available: https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/algor/index

N. Hidayati, “Penggunaan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan,” 2019.

M. Tabrani and E. Pudjiarti, “PENERAPAN METODE WATERFALL PADA SISTEM INFORMASI INVENTORI PT. PANGAN SEHAT SEJAHTERA,” Online, 2017.

O. Irnawati and A. Bsi Bekasi, “Implementasi Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Stock Opname,” ijse.web.id IJSE-Indonesian Journal on Software Engineering, vol. 4, no. 1, 2018.

H. Muhammad Fahrezy, T. Parlindungan Silaen, P. Studi Magister Teknik Informatika, and U. Raharja, “MODEL INFORMATION DASHBOARD NILAI SISWA: TOOLS MONITORING HASIL BELAJAR,” Jurnal Ilmiah MATRIK, vol. 22, no. 1, 2020.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Heru Stiawan, M. Najibulloh Muzaki, Anita Sari Wardani

Downloads

Download data is not yet available.