Abstract
Pengujian bakat dan minat perlu dilakukan untuk mengetahui potensi anak sejak dini. Pengujian ini bertujuan mempermudah dalam pengembangan diri anak agar mengetahui jenis bakat dan minat yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah dalam mengidentifikasi pengembangan bakat dan minat pada anak berdasarkan pada ciri-ciri bakat dan minat secara tepat. Pada penelitian ini menggunakan metode Certainty Factor dengan menggunakan sistem pakar ini dapat membantu pakar dalam mengidentifikasi pengembangan bakat dan minat berdasarkan pada ciri-ciri bakat dan minat pada anak. Dilanjutkan penghitungan tingkat akurasinya dengan hasil analisis dari pakar. Hasil dari pengujian terhadap metode. Hasil dari perhitungan data uji, maka anak dengan ciri-ciri senang diajak mengobrol, senang membaca, senang bercerita, memiliki daya ingat tinggi memiliki kecenderungan dalam bakat sosial. Aplikasi sistem pakar ini dapat dijadikan penunjang dalam identifikasi pengembangan bakat dan minat pada anak.
References
U. S. Asma, Z. M. Arifin and T. Hariono, "Sistem Penentuan Bakat Dan Minat Anak Dengan Metode Forward Chaining," Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 10, pp. 10-18, 2018.
A. I. Anggraini, D. W. Utami and B. S. Rahma, "Mengidentifikasi Minat Bakat Siswa Sejak Usia Dini Di SD Adiwiyata," STIT PN, vol. 2, pp. 161-169, 2020.
N. M. Mahfud dan S. , “Pengelolaan Pengembangan Minat Dan Bakat Anak Didik Di Homeschooling Kak Seto Solo,” Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, vol. 9, pp. 113-124, 2021.
N. Sunaryo, Y. Yunus dan S. , “Sistem Pakar Menggunakan Metode Certainty Fcator Dalam Indentifikasi Pengembangan Minat dan Bakat Khusus Pada Siswa,” Sistim Informasi dan Teknologi, vol. 3, pp. 48-55, 2021.
H. Basri, M. A. Yusuf dan A. Afdal, “Kesesuaian Antara Bakat dan Minat dalam Menentukan Jurusan Pendidikan Tinggi Melalui Bimbingan Karir di Sekolah Menengah Atas,” School Counseling , vol. 6, pp. 157-163, 2021.
R. Rahcman dan A. Mukminin, “Penerapan Metode Certainty Factor Pada Sistem Pakar Penentuan Minat dan Bakat Siswa SD,” Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 4, pp. 90-97, 2018.
N. E. Amaini dan A. Sindar, “Sistem Pakar Menentukan Kelas Anak Berkebutuhan Khusus dengan Metode Certainty Factor pada SLB Negeri Serdang Bedagai,” Innovation Information Technology and Application, vol. 3, pp. 162-168, 2021.
R. Saragih dan M. Eka, “Sistem Pakar Mengidentifikasi Minat Bakat Anak Dengan Metode Certainty Factor,” l Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 4, pp. 43-5, 2020.
A. I. Anggraini, D. W. Utami dan S. Bila, “Analisis Minat dan Bakat Peserta Didik Terhadap Pembelajaran,” jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, vol. 7, pp. 23-28, 2020.
S. A. Anam, M. F. Amin dan M. Ridwan, “Penentuan Ekstrakurikuler Siswa Sesuai Minat Bakat dengan Case-Based Reasoning dan Certainty Factor,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 7, pp. 627-642, 2021.
N. Saputri dan N. Sa'adah, “Pengembangan Minat dan Bakat Peserta Didik Melalui Kegiatan Ektrakurikuler,” Jurnal Bimbingan Konseling Islam, vol. 2, pp. 172-187, 2021.
M. Silmi, A. E. Sarwoko dan K. , “Sistem Pakar Berbasis Web dan Mobile Web Untuk Mendiagnosis Penyakit Darah Pada Manusia Dengan Menggunakan Metode Inferensi Forward Chaining,” Muhammad Silmi, Eko Adi Sarwoko, Kushartantya, vol. 4, pp. 31-38, 2020.
R. Koesdijarto dan R. Pambudi, “Penerapan Algoritma Certainty Factor Dalam Sistem Pakar Berbasis Website Untuk Menganalisis Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Bidang Pendidikan,” pp. 1-14, 2023.
N. Sunaryo, Y. Yunus dan S. , “Sistem Pakar Menggunakan Metode Certainty Factor dalam Indentifikasi Pengembangan Minat dan Bakat Khusus Pada Siswa,” Jurnal Sistim Informasi dan Teknologi, vol. 3, pp. 48-55, 2021.
M. K. Sukiakhy, Z. dan O. Aulia, “Penerapan Metode Certainty Factor Pada Sistem Pakar Diagnosa Gangguan Mental Pada Anak Berbasis Web,” Jurnal Pendidikan Teknologi informasi, vol. 6, pp. 119-129, 2022.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Moch Nur Hudha, Risa Helilintar, Intan Nur Farida