Abstract
Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah suatu sistem yang ditujukan untuk mendukung manajemen pengambilan keputusan dan sistem yang berbasis komputer yang mampu memecahkan masalah-masalah yang tidak terstruktur. Kepuasan pelanggan merupakan salah satu faktor penting dalam memenangkan persaingan sehingga setiap perusahaan berusaha untuk memaksimalkan semua faktor yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Sistem bantu ini menggunakan CSI (Customer Satisfaction Index) yang berfungsi untuk menganalisis data kuantitatif berupa hasil akhir prosentase pelanggan yang senang dalam suatu survei kepuasan pelanggan. Metode ini meliputi proses penilaian kinerja dan kepentingan, kemudian membobotkan nilai dari penilaian kinerja dan kepentingan yang akan digunakan untuk mencari nilai Mean Importance Score (MIS), Mean Satisfaction Score (MSS), Weight Factors (WF) total, Weight Score (WS) total, lalu metode Customer Satisfaction Index (CSI). Dari hasil penelitian ini data yang didapatkan dari 10 responden, memperoleh hasil sebesar 86.35% dengan indeks kepuasan sangat puas
References
Gusrianty, G., Oktarina, D., & Kurniawan, W. J. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Promethee Untuk Menentukan Kepuasan Pelanggan Penjualan Sepeda Motor Bekas. SISTEMASI, 8(1), 62. https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i1.419
Sukmaindrayana, A. (2020). Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Penerimaan Calon Karyawan Dengan Menggunakan Metode TOPSIS (Studi Kasus : PT. BANK MANDIRI Cabang Tasikmalaya). JUTEKIN (Jurnal Teknik Informatika), 8(1). https://doi.org/10.51530/jutekin.v8i1.465
Nanincova, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe and Bistro. Agora, 7(2), 1–5.
Luthfi, Ihram, dkk.2020. “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Services Sepeda Motor Yamaha Di PT. Alfa Scorpii Kpt Muslim menggunakanMetode Customer Satisfaction Index (CSI)” Last Modified Maret.
Amri, H. R., Subagio, R. T., & Kusnadi. (2020). Penerapan Metode CSI untuk Pengukuran Tingkat Kepuasan Layanan Manajemen. Jurnal Sistem Cerdas, 3(Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas), 241–252.
Indrajaya, D. (2018). Metode Importance Performance Analysis Dan Customer. Jurnal IKRA-ITH Teknologi, 2(3), 1–6.
Siti Husna Ainu Syukri. (2014). Penerapan Customer Satisfaction Index (Csi) Dan Analisis Gap Pada Kualitas Pelayanan Trans Jogja. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 13(2), 103–111.
Siti Husna Ainu Syukri. (2014). Penerapan Customer Satisfaction Index (Csi) Dan Analisis Gap Pada Kualitas PelayanSiyamto, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Bank Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(01), 63. https://doi.org/10.29040/jiei.v3i01.100an Trans Jogja. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 13(2), 103–111.
Astuti, H. J. (2000). Analisis Kepuasan Konsumen (Servqual Model dan Important Performance Analysis Model). Jurnal Media Ekonomi, 7(1), 1–20. Retrieved from http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=9606
Budhi, I. gede kt. T. P., & Sumiari, N. K. (2017). Pengukuran Customer Satisfaction Index Terhadap Pelayanan di Century Gym. SISFOTENIKA, 7(1). https://doi.org/10.30700/jst.v7i1.131
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Aura Anisa Soviana, Patmi Kasih, Siti Rochana