Implementasi Metode Apriori Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Wedding Organizer (Studi Kasus : Wo Reza Jaya)
PDF

Keywords

Data Mining
Wedding Organizer
Apriori

How to Cite

Yustiqomah, E. C. ., Putera, G. R. W. ., Irdinawati, I. ., Indriyono, B. V. ., & Pamungkas, N. . (2023). Implementasi Metode Apriori Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Wedding Organizer (Studi Kasus : Wo Reza Jaya). Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 7(1), 345–352. https://doi.org/10.29407/inotek.v7i1.3443

Abstract

Sistem informasi seringkali digunakan sebagai media penyebaran sebuah informasi. Dengan adanya sistem informasi, penerapan data mining menjadi lebih mudah. Demikian pula manfaat adanya sistem informasi pada data mining kita dapat memperoleh data yang lebih akurat. Pada kasus ini data mining berfungsi dalam melakukan sebuah perhitungan mengenai penentuan strategi pemasaran paket Wedding Organizer (WO) dengan menggunakan metode apriori. Metode yang digunakan adalah dengan cara mengumpulkan data yang terkait kemudian analisa. Proses pengumpulan data dilakukan dengan melakukan survei ke salah satu WO yang berada di kabupaten kediri, dan melalui studi pustaka termasuk jurnal-jurnal yang terkait. Penelitian ini menggunakan metode data mining yaitu asosiasi dengan algoritma apriori. Algoritma apriori merupakan salah satu metode data mining untuk menemukan suatu aturan asosiatif berupa hubungan antara data produk dari sebuah WO dengan permintaan klien.

https://doi.org/10.29407/inotek.v7i1.3443
PDF

References

Badrul, M. (2016). Algoritma Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Analisa Data Penjualan. Jurnal Pilar Nusa Mandiri.

Listriani, D., & Setyaningrum, A. H. (2016). Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori pada Aplikasi Analisa Pola Belanja Konsumen (Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro). Jurnal Teknik Informatika.

Maulidiya, H., & Jananto, A. (2020). Asosiasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Dan Fpgrowth Sebagai Dasar Pertimbangan Penentuan Paket Sembako. Proceeding SENDIU.

M. Kristin, D., & Lisanti, Y. (2016). Wedding Organizer Order Management. ComTech.

Muslim, M., Prasetiyo, B., Mawarni, E., Herowati, A., Mirqotussa'adah, Rukmana, S., & Nurzahputra, A. (2019). Data Mining Algoritma C4.5 Disertai Contoh Kasus dan Penerapannya dengan Program Computer.

Mustika, Ardilla, Y., & Manuhutu, A. (2021). Data Mining dan Aplikasinya. Widina Bhakti Persada Bandung.

Sholik, M., & Salam, A. (2018). Implementasi Algoritma Apriori untuk Mencari Asosiasi Barang yang Dijual di E-commerce OrderMas. Techno.COM.

S. Sucipto, “Perancangan Active Database System pada Sistem Informasi Pelayanan Harga Pasar,” Jurnal INTENSIF, vol. 1, no. 1, pp. 37–45, 2017.

D. Hidayat Kusuma, M. N. Shodiq, I. K. Fitriani, T. Informatika, and P. N. Banyuwangi, “Parallel Class Ranking Model Using Analytic Hierarchy Process With Multi Criteria,” INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, vol. 4, no. 1, pp. 90–107, Feb. 2020, doi: 10.29407/INTENSIF.V4I1.13769.

H. Henderi, F. Al Khudhorie, G. Maulani, S. Millah, and V. T. Devana, “A Proposed Model Expert System for Disease Diagnosis in Children to Make Decisions in First Aid,” INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, vol. 6, no. 2, pp. 139–149, Aug. 2022, doi: 10.29407/INTENSIF.V6I2.16912.

D. Hidayat Kusuma, M. N. Shodiq, I. K. Fitriani, T. Informatika, and P. N. Banyuwangi, “Parallel Class Ranking Model Using Analytic Hierarchy Process With Multi Criteria,” INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, vol. 4, no. 1, pp. 90–107, Feb. 2020, doi: 10.29407/INTENSIF.V4I1.13769.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Evita Citra Yustiqomah, Gusti Rachmad Waluyo Putera, Iffah Irdinawati, Bonifacius Vicky Indriyono, Natalinda Pamungkas

Downloads

Download data is not yet available.