Perancangan Mesin Pencuci Pisang Semi Otomatis Dengan Kapasitas 120 Kg/Jam
pdf

Keywords

Mesin Pencuci
Motor Listrik
Pisang

How to Cite

Irawan, A. P. ., & Nadliroh, K. . (2021). Perancangan Mesin Pencuci Pisang Semi Otomatis Dengan Kapasitas 120 Kg/Jam. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(3), 242–247. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1112

Abstract

Produksi keripik pisang bisa menjadi salah satu alternatif pemanfaatan hasil tani yang dapat meningkatkan nilai jula pisang, proses pencucian pisang di industri keripik pisang yang adadi Desa Papar Kediri masih dilakukan secara manual sehingga membutuhkan waktu yang lama. Beberapa studi terdahulu yang terkait dengan alat pencuci pisang yang pernah ada masih mahal, untuk itu perlu desain ulang agar mesin pencuci pisang supaya lebih ekonomis. Dari pemaparan diatas maka penulisan peneliti bertujuan untuk merancang bangun model pencuci pisang semi otomatis dengan kapasitas 120kg/jam dengan menggunakan motor listrik dimana pisang dimasukkan di dalam tabung, tabung yang berputar sambil dialiri air yang bersih, setelah pisang bersih tutup pada ujung tabung dibuka, dan pisang jatuh ke wadah sudah keadaan bersih yang siap untuk diiris

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1112
pdf

References

Setyanto, A. R., Samodra, B. R., & Pratama, Y. P. 2015. Kajian strategi pemberdayaan UMKM dalam menghadapi perdagangan bebas kawasan ASEAN (Studi kasus kampung batik Laweyan). Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Rhofita, Erry Ika. Desain Mesin Cuci Bengkuang Dengan Sistem Silinder Berputar. Seminar Nasional Teknologi Terapan (MESIN). Vol. 1. No. 01. 2017.

Limbong, M. A. M., Oppusunggu, K., & Eswanto, E. 2018. Rancang Bangun Mesin Pencuci Umbi Wortel dengan Menggunakan Drum Pemutar Kapasitas 150 Kg/jam. MEKANIK: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 4(2).

Madakarah. 2015. Rancang Bangun Mesin Pencuci Kentang Tipe Silinder. Seminar Nasional Teknologi (MESIN). Vol. 1. No. 02.

Mott, R. L. 2009. Elemen-Elemen Mesin Dalam Perancangan Mekanis. Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Andri Putra Irawan, Kuni Nadliroh

Downloads

Download data is not yet available.