Meat Grinding Machine Design on Meatball Printing Machine Capacity 2kg
PDF

Keywords

Bakso
mesin pencetak
mesin penggiling
rancang bangun

How to Cite

Prasetyo, A. D. ., & Nadliroh , K. . (2022). Meat Grinding Machine Design on Meatball Printing Machine Capacity 2kg. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(2), 272–279. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2595

Abstract

Bakso adalah jenis bola daging ayam yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Proses utama dalam pembutan bakso yaitu proses penggilingan. Kendala dalam pembuatan bakso oleh produsen yaitu saat proses penggilingan dikarenakan mesin ini di operasikan secara terpisah dengan mesin pengolah bakso sehingga ada kemungkinan tercampur dengan bahan-bahan lain. Penggiling bakso menggunakan mesin manual membuat waktu penggilingan bakso lebih lama sehingga diperlukan modifikasi mesin penggiling bakso menjadi mesin otomatis. Metode perancangan yang digunakan meliputi perancangan produk mesin penggiling, obervasi, literature, dan interview. Hasil dari perancangan yang telah dilakukan adalah diameter keluaran daging dengan ukuran 5 mm dengan hasil yang sesuai (lebih halus rata-rata). Sedangkan perbandingan waktu penggilingan menggunakan mesin manual dengan mesin otomatis mendapatkan hasil bahwa penggunaan mesin otomatis relatif lebih cepat waktu penggilingan dalam 2 kg daging daripada penggunaan mesin manual. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa modifikasi mesin penggilingan daging mampu menjadi solusi bagi produsen pembuat bakso.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2595
PDF

References

Porawati, H., & Kurniawan, A. 2020. Modifikasi mesin penggiling daging (meat grinder) kapasitas 8 kg menggunakan motor listrik. Jurnal Inovator, 3(1), 20-24.

Naufal, B. A., & Wulandari, D. 2021. Rancang bangun mesin penggiling daging semi otomatis untuk meningkatkan produktivitas ukm di sidoarjo. JRM. Volume 06 Nomor 26(2), 51-56.

Riyadi, S. 2019. PERANCANGAN MESIN PENGGILING DAGING BEBEK UNTUK BAHAN BAKU FROZEN FOOD DENGAN KAPASITAS 40 KG/JAM. University Of Muhammadiyah Malang.

Hasaris, S. 2016. RANCANG BANGUN MESIN PENGGILING SERBAGUNA (PENGUJIAN ALAT). Politeknik Negeri Sriwijaya.

Sulistyo, E., & Yudo, E. (2015). RANCANG BANGUN MESIN PENGGILING DAGING AYAM. Seminar Sains dan Teknologi 2015, 1-5. Jakarta: Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Malang.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Adrian Dwi Prasetyo; Kuni Nadliroh

Downloads

Download data is not yet available.