Analisis Aerodinamika Bodi Kendaraan KMHE Jayabaya Prototype 2.0
pdf

Keywords

aerodinamis
bahan bakar
bodi kendaraan
KMHE

How to Cite

Ananda, R. P. ., Akbar, A., & Pramesti, Y. (2021). Analisis Aerodinamika Bodi Kendaraan KMHE Jayabaya Prototype 2.0. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(3), 218–223. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1106

Abstract

Besar konsumsi bahan bakar dari sebuah kendaraan tergantung dari berbagai faktor. Faktor-faktor yang paling penting adalah tingkat ke-aerodinamis-an bodi kendaraan, sasis dan rangka, dimensi dan ruang bakar mesin, serta bahan yang diaplikasikan pada bodi maupun sasis dan rangka tersebut. Aerodinamika merupakan salah satu ilmu yang memiliki dampak besar pada rekayasa otomotif modern. Pada penelitian ini objek yang diteliti adalah bodi kendaraan KMHE dari tim Jayabaya Universitas Nusantara PGRI Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui koefisien drag dari bodi kendaraan dilihat dari aspek variasi bentuk area depan bodi kendaraan. Dengan mengubah atau memodifikasi area depan bodi kendaraan yang sebelumnya berbentuk setengah bola menjadi pipih, diharapkan mampu memberikan perubahan yang signifikan terhadap tingkat ke-aerodinamis-an dari bodi kendaraan tersebut. Berdasarkan  analisa melalui SolidWorks, dapat diketahui bahwa koefisien drag dari Jayabaya 1.0 dengan variasi kcepatan 8,33; 11,11; 13,89; 16,67 m/s didapat angka 0,14; 0,17; 0,27; 0,41 N. Sedangkan hasil analisa untuk Jayabaya 2.0 adalah 0,235;0,240;0,254;0,247. Dari hasil tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa meskipun pada kecepatan rendah koefisien drag pada Jayabaya 2.0 lebih tinggi dari Jayabaya 1.0, akan tetapi pada kecepatan 13,89 m/s dan 16,67 m/s lebih rendah dari Jayabaya 1.0 dan hasil rata-rata dari empat variasi kecepatan Jayabaya 2.0 lebih unggul yakni 0,244 dibanding dengan Jayabaya 1.0 yakni 0.252. Seperti yang kita tau bahwa semakin rendah angka koefisien drag, maka tingkat aerodinamikanya juga semakin baik sehingga beban yang menghambat laju kendaraan semakin berkurang dan kendaraan lebih hemat bahan bakar.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1106
pdf

References

Tim Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional, “Indonesia Energy Out Look 2019,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.

KMHE, “Petunjuk Pelaksanaan Kontes Mobil Hemat Energi,” 2020, [Online]. Available: https://kmhe2020.ui.ac.id/juklak-kmhe-2020/.

N. A. Hidayati, F. Setiaji, M. Yaqin, D. M. Ulfa, and M. A. Choiron, “Analisis aerodinamis pada variasi bentuk ekor desain bodi mobil hemat energi,” J. Energi Dan Manufaktur, vol. 10, no. 2, pp. 66–70, 2018.

J. T. Mesin, “LAPORAN DESAIN KENDARAAN KONTES MOBIL HEMAT ENERGI TAHUN 2020 ‘ JAYABAYA PROTOTYPE ’ Oleh : Tim Jayabaya,” 2020.

I. Hadjar, “Regresi Logistik,” Phenom. J. Pendidik. MIPA, 2018.

J. W. Creswell, “Research Design: Qualitative, QuCreswell, J. W. (2014). . Research design Qualitative quantitative and mixed methods approaches. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2antitative,” Res. Des. Qual. Quant. Mix. methods approaches, 2014.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Rengga Purwa Ananda, Ali Akbar, Yasinta Pramesti

Downloads

Download data is not yet available.