Rancang Bangun Sistem Penggerak Mesin Pengering Cengkeh Kapasitas 15 Kg
pdf

Keywords

sistem penggerak
mesin pengering
cengkeh 15 kg

How to Cite

Saputra, R. A. ., Ilham, M. M., & Fauzi, A. S. . (2021). Rancang Bangun Sistem Penggerak Mesin Pengering Cengkeh Kapasitas 15 Kg. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(3), 113–119. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1089

Abstract

Melihat perubahan teknologi dari jaman sekarang dalam bidang bisnis memang merupakan primadona baru bagi masyarakat Indonesia menuntut kita untuk selalu berinovasi menciptakan sesuatu yang baru. Salah satu usaha yang menerapkan tenaga mesin dan manusia adalah usaha pengeringan cengkeh menggunakan sistem penggerak motor listrik, yang terletak di Dusun Sumber Desa Prigi Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Proses pengeringan cengkeh dengan sistem penggerak motor listrik yang dilakukan oleh usaha industri ini masih tradisional yaitu dengan memanfaatkan panas dari sidar matahari. Melihat hal itu akhirnya dibuatlah alat penggerak mesin pengering cengkeh. Tujuan perancangan ini adalah untuk merancang sistem penggerak menggunakan motor listrik yang akan dipasang pada alat mesin pengering ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan cara observasi dan wawancara. Hasil dari wawancara dan observasi adalah tingkat efisiensi dicapai ketika menggunakan mesin penggerak prngering cengkeh kapasitas 15 kg.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1089
pdf

References

Dwie Utomo. (2016). Variasi Diameter Pulley Yang Digerakkan Pada Mesin Pencacah Cengkeh. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Saiful Hadi. (2012). Pengambilan Minyak Atsiri Bunga Cengkeh (Clove Oil) Menggunakan Pelarut N-Heksana Dan Benzena. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Susanto Johanes & F. Eko Winarto. (2016). Studi Edisiensi Termal Proses Pengringan Cengkeh Pada Alat Pengering Yang Memiliki Lima Tingkat Tray. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Sofiah, Yosi Apriani. (2019). Pengaturan Kecepatan Motor AC Sebagai Aerator Untuk Budidaya Tambak Udang Dengan Menggunakan Solar Cell. Palembang: Universitas Muhammadiyah Palembang, 4-1.

Andes Pradesa. (2014). Pengendalian Motor Induksi Tiga Fasa Dengan Sumber Inverter Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan. Jember: Universitas Jember

Yusqi Ghiyasil Majid. (2014). Sistem Inverter Motor Induksi 3 Fasa Dengan Kontrol Pi Berbasis Pci. Jember: Universitas Jember.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Riski Angger Saputra, M. Muslimin Ilham, Ah. Sulhan Fauzi

Downloads

Download data is not yet available.