Implementasi Algoritma Preference Selection Index (PSI) Untuk Menentukan Prioritas Perbaikan Jalan
PDF

Keywords

Preference Selection Index (PSI)
Perbaikan Jalan
Sistem Penentuan Prioritas
Perankingan

How to Cite

Lillasari, J. ., & Helilintar, R. (2021). Implementasi Algoritma Preference Selection Index (PSI) Untuk Menentukan Prioritas Perbaikan Jalan. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(2), 210–215. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1060

Abstract

Kerusakan jalan merupakan kasus yang sering dikeluhkan oleh masyarakat, banyaknya kondisi jalan yang rusak menghambat aktivitas masyarakat dalam berkendara. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Nganjuk merupakan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) yang bergerak khusus pada bidang penanganan jalan, pembangunan jalan atau perbaikan di lingkup kabupaten atau kota. Masalah kerusakan jalan dapat diselesaikan dengan melakukan perbaikan yang akan dikerjakan oleh tim Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Nganjuk. Banyaknya kerusakan ruas jalan menimbulkan tim pelaksana bimbang dengan urutan penanganan, sedangkan kasus tersebut harus ditangani dengan bijak dan merata. Menindaklanjuti permasalahan tersebut, dalam penelitian ini dibangun sebuah sistem penentuan prioritas perbaikan jalan yang akan menjadi solusi untuk tim pelaksana dalam pengurutan atau perankingan ruas jalan yang akan dilakukan perbaikan. Pada sistem tersendiri terdiri beberapa kriteria untuk mendeskripsikan rincian kerusakan seperti luas kerusakan, nama ruas, jalan penghubung, tingkat keramaian, jenis kerusakan dan rentang waktu kerusakan. Untuk memperkuat keakuratan, sistem tersebut menggunakan algoritma Preference Selection Index (PSI) yaitu algoritma kuantitatif yang menyajikan perhitungan sederhana dan mudah dipahami. Berdasarkan uji coba penelitian dengan simulasi lima ruas sample yaitu Awar-awar bandungan dengan hasil 3,333, Sidokare – Banaran Kulon 2,7, Begadung – Ngangkatan 2,433, Tamanan – Bendoasri 2,333 dan Banaran Kulon – Ngudikan dengan nilai 1,733. Penentuan hasil perankingan diperoleh dari pemilihan kriteria, dimana presentase sistem penentuan prioritas perbaikan jalan diambil dari nilai tertinggi yaitu 3,333 ruas Awar-awar – Bandungan dan 1,733 Banaran Kulon – Ngudikan sebagai nilai terendah sekaligus ranking terakhir.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1060
PDF

References

Nganjuk, D. P. U. d. P. R. K. (2019). Rencana Strategis Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Nganjuk.

Republik Indonesia. 2004. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan. Jakarta : Presiden Republik Indonesia.

Mesran, N. H., Siti Nurhabibah Hutagalung, Khasanah, Akbar Iskandar. (2018). Sistem pendukung keputusan pemilihan supervisor terbaik pada bagian perencanaan pt. Pln (persero) area medan menerapkan preference selection index komik (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), 2.

Rawansyah, D. H. S., M. Syaikhul Alim. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Perbaikan Jalan Rusak Dengan Metode Multifactor Evaluation Process (MFEP) (Studi Kasus Kabupaten Bojonegoro) SEMINAR INFORMATIKA APLIKATIF POLINEMA (SIAP).

Martina Klarasia Siahaan, M., Sumiaty Adelina Hutabarat, Joli Afriany. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Pembangunan Daerah Menerapkan Metode Preference Selection Index (PSI) KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), 2.

Yusmar Ali, A. (2019). Penerapan Metode Preference Selection Index (PSI) Dalam Pemberian Keputusan Pemberian Dana BOS Pada Siswa Kurang Mampu. SAINTEKS 2019, 590 – 597

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Juhana Lillasari, Risa Helilintar

Downloads

Download data is not yet available.