Perancangan dan Perakitan Mesin Pencacah Bulu Ayam
pdf

Keywords

limbah bulu ayam
pencemaran
pupuk organik

How to Cite

Ma’arif, F. ., Ilham, M. M. ., & Fauzi, A. S. . (2020). Perancangan dan Perakitan Mesin Pencacah Bulu Ayam. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(3), 279–284. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.100

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas program pengolahan limbah bulu ayam, dalam memanfaatkan limbah bulu ayam yang ada di sekitar kita menjadi pupuk organik yang bisa dimanfaatkan di sektor pertanian, untuk mengetahui efektivitas pemberian solusi dari program pendaur ulang limbah bulu ayam yang membantu peternak dalam memanfaatkan limbah bulu ayam menjadi pupuk organik. Metode yang digunakan dalam program ini adalah mesin pencacah bulu ayam. Pengumpulan bulu ayam dari peternak akan didaur ulang menjadi  pupuk  organik,  yang  bermanfaat  di  sektor  pertanian.  Proses  pendaur ulangan limbah  bulu  ayam  ini diharapkan bisa mengurangi pencemaran. Manfaat dari penelitian ini bukan mengatasi pencemaran limbah bulu ayam,  melainkan  dapat  mengurangi  pencemaran  limbah  bulu  ayam.  Perancangan  ini  menghasilkan  mesin pencacah bulu ayam setiap 60 menit mampu mencacah bulu ayam sebanyak 30 kg, ketajaman pisau pencacah mampu digunakan memotong dalam waktu 5 jam/hari.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.100
pdf

References

Dini Siswani dkk. 2015. Pemanfaatan Limbah Bulu Ayam Menjadi Bahan Pakan Ikan dengan Fermentasi Bacillus Subtilis. Jurnal Manusia dan Lingkungannya,Vol. 23, No. 1, Maret 2016: 49-57.

Mott, Robert L. 2004. Machine Elements in Mechanical Design : Fourth Edition

Sularso, (2004). Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta : Pradnya Paramita.

Darmawan, H. 2000. Pengantar Perancangan Teknik(Perancangan Produk). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sularso dan Suga, Kiyokatsu. 2004. Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita.

Downloads

Download data is not yet available.