Analisis Pengujian Blackbox Testing Pada E-Rapor PAUD Kurikulum Merdeka Berbasis Web
DOI:
https://doi.org/10.29407/7rwr6151Keywords:
Blackbox Testing, e-Rapor, Kurikulum Merdeka, Metode PrototypeAbstract
Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan memunculkan kebutuhan akan sistem digital yang mendukung implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi e-Rapor berbasis web dengan integrasi penilaian observasi sebagai solusi untuk meminimalkan kesalahan input nilai, human error, meningkatkan objektivitas, serta mendukung proses digitalisasi penilaian. Metode prototipe digunakan untuk memungkinkan proses pengembangan iteratif yang melibatkan evaluasi dan penyempurnaan berdasarkan umpan balik pengguna. Aplikasi dibangun menggunakan Next.js dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sistem yang dikembangkan diuji menggunakan metode blackbox dengan hasil pengujian menunjukkan tingkat validitas sebesar 86.67% dimana 13 dari 15 test case bernilai valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem e-Rapor dapat memproses data penilaian dengan lebih akurat dan efisien, mendukung kebutuhan penilaian autentik yang sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Studi ini diharapkan dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan PAUD di TK Negeri 2 Sananwetan Kota Blitar.
Downloads
References
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN
NASIONAL DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA. 2003.
L. Kurniawati, “PERAN KADER BINA KELUARGA BALITA DALAM PEMBINAAN PENDIDIKAN ANAK
USIA DINI ( Studi Pada PAUD Harapan Jaya Kelurahan Sukajaya Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya ),”
Universitas Siiwangi, 2020.
M. Cholilah, A. Gratia Putri Tatuwo, S. Prima Rosdiana, and A. Noor Fatirul, “Pengembangan Kurikulum Merdeka
Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21,” Sanskara
Pendidikan dan Pengajaran, vol. 01, no. 02, pp. 57–66, 2023, doi: 10.58812/spp.v1.i02.
M. S. Tuloli, R. Patalangi, and R. Takdir, “Pengukuran Tingkat Usability Sistem Aplikasi e-Rapor Menggunakan
Metode Usability Testing dan SUS,” Jambura Journal of Informatics, vol. 4, no. 1, pp. 13–26, Apr. 2022, doi:
37905/jji.v4i1.13411.
Okpatrioka, “Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan,” DHARMA ACARIYA
NUSANTARA : Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, vol. 1, pp. 86–100, Mar. 2023.
I. P. Sari, O. K. Sulaiman, A.-K. Al-Khowarizmi, and M. Azhari, “Perancangan Sistem Informasi Pelayanan
Masyarakat pada Kelurahan Sipagimbar dengan Metode Prototype Berbasis Web,” Blend Sains Jurnal Teknik, vol. 2,
no. 2, pp. 125–134, Aug. 2023, doi: 10.56211/blendsains.v2i2.288.
S. Sutiah and S. Supriyono, “Software testing on e-learning Madrasahs using Blackbox testing,” IOP Conf Ser Mater
Sci Eng, vol. 1073, no. 1, p. 012065, Feb. 2021, doi: 10.1088/1757-899x/1073/1/012065.
D. Yulistyanti, T. Y. Akhirina, T. Afrizal, A. Paramita, and N. Farkhatin, “Testing Learning Media for English
Learning Applications Using BlackBox Testing Based on Equivalence Partitions,” Scope : Journal of English
Language Teaching, vol. 6, no. 2, p. 73, Apr. 2022, doi: 10.30998/scope.v6i2.12845.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Viery Nugroho, Abdi Pandu Kusuma, Mohammad Faried Rahmat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License





