Analisis Pengujian Blackbox Testing Pada E-Rapor PAUD Kurikulum Merdeka Berbasis Web

Authors

  • Viery Nugroho Universitas Islam Balitar
  • Abdi Pandu Kusuma Universitas Islam Balitar
  • Mohammad Faried Rahmat Universitas Islam Balitar

DOI:

https://doi.org/10.29407/7rwr6151

Keywords:

Blackbox Testing, e-Rapor, Kurikulum Merdeka, Metode Prototype

Abstract

 Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan memunculkan kebutuhan akan sistem digital yang mendukung implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi e-Rapor berbasis web dengan integrasi penilaian observasi sebagai solusi untuk meminimalkan kesalahan input nilai, human error, meningkatkan objektivitas, serta mendukung proses digitalisasi penilaian. Metode prototipe digunakan untuk memungkinkan proses pengembangan iteratif yang melibatkan evaluasi dan penyempurnaan berdasarkan umpan balik pengguna. Aplikasi dibangun menggunakan Next.js dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sistem yang dikembangkan diuji menggunakan metode blackbox dengan hasil pengujian menunjukkan tingkat validitas sebesar 86.67% dimana 13 dari 15 test case bernilai valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem e-Rapor dapat memproses data penilaian dengan lebih akurat dan efisien, mendukung kebutuhan penilaian autentik yang sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Studi ini diharapkan dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan PAUD di TK Negeri 2 Sananwetan Kota Blitar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN

NASIONAL DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA. 2003.

L. Kurniawati, “PERAN KADER BINA KELUARGA BALITA DALAM PEMBINAAN PENDIDIKAN ANAK

USIA DINI ( Studi Pada PAUD Harapan Jaya Kelurahan Sukajaya Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya ),”

Universitas Siiwangi, 2020.

M. Cholilah, A. Gratia Putri Tatuwo, S. Prima Rosdiana, and A. Noor Fatirul, “Pengembangan Kurikulum Merdeka

Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21,” Sanskara

Pendidikan dan Pengajaran, vol. 01, no. 02, pp. 57–66, 2023, doi: 10.58812/spp.v1.i02.

M. S. Tuloli, R. Patalangi, and R. Takdir, “Pengukuran Tingkat Usability Sistem Aplikasi e-Rapor Menggunakan

Metode Usability Testing dan SUS,” Jambura Journal of Informatics, vol. 4, no. 1, pp. 13–26, Apr. 2022, doi:

37905/jji.v4i1.13411.

Okpatrioka, “Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan,” DHARMA ACARIYA

NUSANTARA : Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, vol. 1, pp. 86–100, Mar. 2023.

I. P. Sari, O. K. Sulaiman, A.-K. Al-Khowarizmi, and M. Azhari, “Perancangan Sistem Informasi Pelayanan

Masyarakat pada Kelurahan Sipagimbar dengan Metode Prototype Berbasis Web,” Blend Sains Jurnal Teknik, vol. 2,

no. 2, pp. 125–134, Aug. 2023, doi: 10.56211/blendsains.v2i2.288.

S. Sutiah and S. Supriyono, “Software testing on e-learning Madrasahs using Blackbox testing,” IOP Conf Ser Mater

Sci Eng, vol. 1073, no. 1, p. 012065, Feb. 2021, doi: 10.1088/1757-899x/1073/1/012065.

D. Yulistyanti, T. Y. Akhirina, T. Afrizal, A. Paramita, and N. Farkhatin, “Testing Learning Media for English

Learning Applications Using BlackBox Testing Based on Equivalence Partitions,” Scope : Journal of English

Language Teaching, vol. 6, no. 2, p. 73, Apr. 2022, doi: 10.30998/scope.v6i2.12845.

Downloads

Published

2025-01-23

How to Cite

Analisis Pengujian Blackbox Testing Pada E-Rapor PAUD Kurikulum Merdeka Berbasis Web. (2025). Seminar Nasional Teknologi & Sains, 4(1), 327-336. https://doi.org/10.29407/7rwr6151

Similar Articles

131-140 of 183

You may also start an advanced similarity search for this article.