STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING PERGURUAN TINGGI SWASTA DI INDONESIA DALAM MENGHADAPI ERA DISRUPSI

Authors

  • Muhammad Ramaditya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Putri Diana Sari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
  • Ridwan Maronrong Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta

Keywords:

Keunggulan Bersaing, Metode Arsip, Perguruan Tinggi Swasta, Manajemen Strategi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi keunggulan bersaing yang dilakukan oleh perguruan tinggi swasta di Indonesia dalam menghadapi era disrupsi. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis data sekunder melalui publikasi daring yang dikumpulkan melalui metode arsip. Penelitian ini mengusulkan sebuah tipologi Level of Competitiveness dengan hasil yang diperoleh bahwa teridentifikasi 257 berita dan 100 jurnal relevan dengan keunggulan bersaing melalui berbagai penerapan strategi yang disimpulkan menjadi tujuh tingkatan strategi, meliputi: efficiency, customer retention program, intensive marketing program, quality assurance, diversification, research innovation, dan commercialization. Strategi-strategi ini diharapkan dapat memberikan informasi lebih mendalam tentang pentingnya beradaptasi dengan perubahan selama menghadapi persaingan.

Downloads

Published

2022-07-23

How to Cite

Ramaditya, M., Sari, P. D., & Maronrong, R. (2022). STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING PERGURUAN TINGGI SWASTA DI INDONESIA DALAM MENGHADAPI ERA DISRUPSI. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 1, 22–31. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/simanis/article/view/1885