Pengajaran Sejarah: Sebuah Upaya Memelihara Dan Meningkatkan Semangat Nasionalisme
Keywords:
nasionalisme, pengajaran sejarahAbstract
Nasionalisme mengajarkan kepada kita “ kesetiaan tertinggi diserahkan kepada negara kebangsaan” . Sebagai buah awal dari nasionalisme ini adalah lahirnya negara – bangsa yang medrdeka. Permasalahan muncul ketika kemerdekaan tidak segera mewujudkan keenakan – keenakan yang dijanjikan oleh para pemimpin ketika mereka meminta dukungan dari rakyat dalam kancah perjuangan. Kebersamaan sebagai sesuatu alat pengikatyang kuat dalam kancah perjuangan mulai dilupakan. Semangat Nasionalisme mulai mengalami kelunturan, lebih - lebih seiring kemajuan bidang tehnologi dan informasi dan terjadinya Globalisasi. Berbagai upaya dilakukan untuk memelihara dan mempertahankan semangat nasionlisme. Dalam artikel ini akan dibahas factor – factor penyebab lunturnya semangat nasionalisme, arti penting dan peran sejarah dalam memelihara dan meningkatkan semangat nasionalisme, dan aplikasi didalam proses pembelajaran sejarah. Dengan melakukan kajian pustaka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah yang memiliki dimensi afektif yang lebih besar memiliki perang penting dalam upaya memelihara dan meningkatkan semangat nasionalisme bagi generasi milenial.
References
Bachtiar, Harsja W. 1991. Tugas Anggota Profesi Guru di Indonesia. Bandung : IKIP Bandung
Hans Kohn. 1984. Nasionalisme : Arti dan Sejarahnya. Jakarta : PT Pembangunan.
Hill. C.P. 1956. Saran – saran Tentang Pengajaran Sejarah. Jakarta : Perpustakaan Perguruan Kemdikbud.
Kartodirdjo, Sartono. 1989. Fungsi Pengajaran Sejarah dalam Pembangunan Nasiopnal. Surakarta : FPS IKIP. Jakarta : KPK UNS Surakarta.
Kartodirdjo, Sartono. 1992. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta : Gramedia.
Maarif, Syafei. 1996. Demokrasi dan Nasionalisme : Pengalaman Indonesia. Yogyakarta : FPIPS IKIP.
Ricklefs, MC. 1991. Sejarah Indonesia Modern. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
Sardiman, AM. 1996. Pengajaran Sejarah dalam Perspektif Global. Yogyakarta : FPIPS IKIP
Widja, I.G. 1988. Pengantar Ilmu Sejarah, Sejarah Dalam Perspektif Pedidikan. Semarang : Kanisius.
S. Hamid Hasan. 1992. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Sejarah. Yogyakarta : FPIPS IKIP
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Agus Budianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.