Pengembangan Media Konvensional Miniatur Pada Pembelajaran Ips Materi “Keragaman Budaya Di Provinsi Jawa Timur” Kelas IV Sd Islam Al Badar

Authors

  • Azizzah Budi Rahayu Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Wahyudi Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Pengembangan Media, Konvensional, Miniatur, Keragaman Budaya

Abstract

Penelitian ini didasari oleh minimnya penggunaan media pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar di Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa saat menyampaikan materi keragaman budaya media yang digunakan adalah globe dan atlas. Hal tersebut dirasa kurang, dikarenakan dalam materi keragaman budaya memerlukan media yang kongkrit untuk memudahkan siswa memahaminya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media miniatur sebagai media pembelajaran yang inovatif untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D dengan menggunakan model ADDIE. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media miniatur dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi ahli media menmperoleh skor 87,5% dengan kriteria sangat valid, pada ahli materi IPS memperoleh skor 90% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan memperoleh presentase sebesar 85,5% dengan kriteria sangat praktis. Keefektifan memperoleh rata-rata nilai evaluasi 88,1 dan telah melebihi KKM dari 22 siswa. Dengan demikian, media miniatur dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran di Sekolah Dasar.

References

Alwi, Elma. 2002. Penggunaan Peta dan Globe untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, vol.9 (1-4), halaman 62-68.

Aryanti, Herlina A. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran MIBI (Miniatur Budaya Indonesia) Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV SDN Kepatihan. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Yogyakarta.

Ayu, Halimah R. 2015. Pengembangan media pembelajaran MIBI “Miniatur Budaya Indonesia” tema indahnya kebersamaan kelas IV SDN Kepatihan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kusumawardani, Virginiansari. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Kopmibi “Koper Miniatur Budaya Indonesia” Kepulauan Jawa, Tema Indahnya Kebersamaan Untuk Kelas IV SD. Universitas Muhammadiyah Malang.

Mukmin, B. A., & Primasatya, N. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Macromedia Flash Berbasis K-13 Sebagai Inovasi Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 211–226. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13854

Ninla Elmawati Falabiba. (2019). BUKU KONSEP DASAR IPS Dr. Eka Susanti.

Permatasari, I. (2015). Penggunaan Metode Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Journal of Geotechnical and Geoenvironmental Engineering ASCE, 120(11), 259.

Qomariyah, N., Studi, P., Agama, P., Pendidikan, J., Islam, A., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., Maulana, N., & Ibrahim, M. (2015). Penerapan Media Miniature 3d Guna Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas Viiia Mts Almaarif 02. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5114

Ramli, I. (2017). Pengembangan Media Konvensional Miniatur Kenampakan Alam Subtema Keindahan Alam Negeriku Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Iv, 111.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-08-04

How to Cite

Rahayu, A. B. ., & Wahyudi, W. (2022). Pengembangan Media Konvensional Miniatur Pada Pembelajaran Ips Materi “Keragaman Budaya Di Provinsi Jawa Timur” Kelas IV Sd Islam Al Badar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 1142–1154. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2411

Issue

Section

Articles