Abstract
Latar Belakang : Efektivitas program pendidikan seksual dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja tentang kesehatan reproduksi perlu diteliti karena remaja merupakan kelompok usia yang rentan terhadap berbagai masalah kesehatan reproduksi. Pendidikan seksual yang efektif dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kesehatan reproduksi, sehingga remaja dapat membuat keputusan yang lebih tepat terkait dengan kesehatan seksual mereka dan mengurangi risiko masalah kesehatan reproduksi. Tujuan : Mengetahui seberapa efektif program pendidikan seksual dalam meningkatkan pengetahuan dan membentuk sikap positif remaja terkait kesehatan reproduksi, mengukur peningkatan pengetahuan remaja. Metode : kuantitatif, jenis penelitian ini One Group Pretest-Posttest, Desain penelitian quasi eksperimen dengan desain one group pre-post test Temuan/Hasil : diharapkan dapat memberikan menemukan dan mengkaji peran dan dampak pendidikan seksual dalam membentuk perilaku seksual positif pada remaja dan implikasinya terhadap ketahanan psikologi remaja. Kesimpulan : Program pendidikan seksual terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap positif remaja terkait kesehatan reproduksi. Pendidikan seksual yang diberikan secara terstruktur, sesuai usia, dan dengan pendekatan interaktif mampu meningkatkan pemahaman remaja tentang fungsi reproduksi, pubertas, pencegahan penyakit menular seksual, serta hak-hak kesehatan reproduksi.
References
Iswarati. 2023, Pengetahuan Dan Sumber Informasi Kesehatan Reproduksi Remaja Di Indonesi. Manajerial, 9, 1–16.
Sn M. Panduan kesehatan reproduksi pada remaja. Yogyakarta; 2020. 190 p.
Sarwono, S.W. (2016). Seksualitas & fertilitas remaja. Jakarta: CV Rajawali.
Sarwono, S. W. (2019). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers. (Membahas psikologi remaja secara umum, termasuk aspek kesehatan reproduksi).
WHO. (2023). Defining sexual health: report of a technical consultation on sexual health 28-31 January 2002, Genewa. Genewa: WHO Press.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Ratih Prananingrum, Umy Yonaevy
