Pemahaman Laws Of The Game Field Of Play, Fouls And Misconduct, Offside, Free Kick, Dan Penalty Kick Pada Tingkat Pengetahuan Peraturan Sepakbola Siswa Ekstrakurikuler Sepakbola SMK Canda Bhirawa Pare
PDF

Keywords

Pemahaman
Laws Of The Game
Tingkat Pengetahuan
Peraturan Sepakbola
Ekstrakurikuler Sepakbola SMK Canda Bhirawa Pare

How to Cite

Bahruddin Arif, I., Weda, W., & Sugito, S. (2024). Pemahaman Laws Of The Game Field Of Play, Fouls And Misconduct, Offside, Free Kick, Dan Penalty Kick Pada Tingkat Pengetahuan Peraturan Sepakbola Siswa Ekstrakurikuler Sepakbola SMK Canda Bhirawa Pare. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 4(1), 385–391. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/5580

Abstract

Penelitian di latarbelakangi oleh terjadinya kesalahan tentang peraturan permainan yang terjadi saat latihan bagaimana posisi offside, posisi penjaga gawang saat tendangan penalti serta belum diberikannya materi tentang pengetahuan peraturan permainan sepakbola (Laws Of The Game) oleh peserta pada peserta ekstrakurikuler sepakbola SMK Canda Bhirawa Pare. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman laws of the game  field of play, fouls and misconduct, offside, free kick, dan penalty kick pada tingkat pengetahuan peraturan sepakbola siswa ekstrakurikuler sepakbola SMK Canda Bhirawa Pare. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengisian kuesioner atau angket, kuesioner atau angket disusun oleh peneliti sendiri dan dikonsultasikan kepada ahli atau expert judgement. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi pada siswa ekstrakurikuler sepakbola SMK Canda Bhirawa Pare dengan jumlah 24 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. hasil penelitian ini  adalah  kategori pemahaman laws of the game  field of play pada tingkat pengetahuan peraturan sepakbola siswa ekstrakurikuler sepakbola SMK Canda Bhirawa Pare adalah sedang (67% atau 16 siswa) , fouls and misconduct pada kategori sedang (58% atau 14 siswa), offside pada kategori sedang (58% atau 14 siswa), free kick pada kategori sedang (79% atau 19 siswa), dan penalty kick pada kategori sedang (71% atau 17 siswa) dari sebanyak 24 siswa.

PDF

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Sosial. Alfabeta.

Leny, F. (2016). TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS ATAS TERHADAP PERMAINAN KASTI DI SD N JLABAN KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO.

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. PT Rineka Cipta.

Pratama, R. R. (2019). Tingkat Keterampilan Tehnik Dasar Sepakbola Tim Lpi Mahasiswa Unsri Tahun 2012. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 6(2), 156–159. https://doi.org/10.36706/altius.v6i2.8094

Priangga Putra, I., Ahmad Muharram, N., & Husein Allsabah, M. A. (2024). Profil Kondisi Fisik Atlet Bolavoli Ekstrakurikuler SMAN. Jurnal Pendidikan Olahraga, 14(3), 177–186. https://doi.org/10.37630/jpo.v14i3.1673

Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

The International Football Association Board. (2022). Laws of the Game 22/23. FIFA.

Undang-Undang Nomor 62 Tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah, Pub. L. No. 17 (2014). https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Permendikbud Nomor 62 Tahun 2014.pdf

Downloads

Download data is not yet available.