Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi Materi Sel Kelas XI MIA 5 SMAN 4 Kediri
PDF

Keywords

Motivasi belajar
Peserta didik
Pembelajaran Biologi

How to Cite

Erpiyana, I. ., Sulistiono, S., & Rahmawati, I. . (2022). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi Materi Sel Kelas XI MIA 5 SMAN 4 Kediri . Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 108–111. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3002

Abstract

Motivasi belajar merupakan salah satu komponen yang penting dalam proses pembelajaran siswa baik disekolah maupun di luar sekolah, karena merupakan daya penggerak siswa dalam melakukan segala macam aktivitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas XI MIA 5 pada mata pelajaran biologi materi sel di SMAN 4 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan subyek penelitian peserta didik kelas XI MIA 5. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan Skala Likert yang sudah dimodifikasi menjadi empat alternatif jawaban dengan data diberi skor berdasarkan skala penilaian. Berdasarkan hasil analisis data dapat dilihat bahwa motivasi belajar peserta didik kelas XI MIA 5 SMAN 4 Kediri. Nilai intrinsik 58%, nilai pencapaian 71%, nilai regulasi diri 72%, nilai efikasi diri 71%, nilai utilitas 67%, dan nilai kegelisahan ujian 71%.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3002
PDF

References

Hamzah, B. U. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

Harefa, M., Lase, N. K., & Zega, N. A. (2022). Deskripsi Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 381-389.

Hulu, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2022). Analisis Minat Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 283-290.

Rahmat, T. D., & Helendra, H. (2022). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 2 MANDAILING NATAL PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 2(1), 10-15.

Santoso, A. M., Amin, M., Sumitro, S. B. & Lukiati, B. (2017). Learning motivation of students during the implementation of lecturing based in silico approach. International Journal of Research & Review, 4(9), 6-9.

Sardiman, A. M. (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar (cetakan ke 22). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sadiman, A. S. (2009). Media Pendidikan: Pengertian. Pengembangan, dan Pemanfaatannya.

Thomas, H., & Martina, D. (2022). Application Of Cooperative Learning Model In Increasing Students' Motivation, Learning Participation And Creativity. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 314-319.

Winkel, W. S., & Hastuti, M. S. (2005). Bimbingan dan Konseling di I ntuisi Pendidikan.

Zuleni, E., & Marfilinda, R. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 244-250.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Irma Erpiyana, Sulistiono Sulistiono, Ida Rahmawati

Downloads

Download data is not yet available.