Analisa Sudut dan Jumlah Mata Pisau Pada Alat Pencacah Daun Kering Terhadap Hasil Cacahan
pdf

Keywords

alat pencacah
daun kering
pisau

How to Cite

Sugiarto, R. A. ., Ilham, M. .Muslimin ., & Fauzi, A. S. . (2020). Analisa Sudut dan Jumlah Mata Pisau Pada Alat Pencacah Daun Kering Terhadap Hasil Cacahan. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(3), 237–240. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.92

Abstract

Pengelolaan sampah di Indonesia merupakan masalah yang belum dapat ditangani dengan baik. Seperti  hal  nya  sampah,  daun  masih  belum  bisa  dimanfaatkan.  Alat  pencacah  daun  kering  adalah  alat  yang digunakan  sebagai pengolah limbah sampah daun kering menjadi kompos. Pada kegiatan penelitian ini dilakukan modifikasi alat pencacah daun kering dengan 3 jenis mata pisau, dengan menggunakan ketebalan pisau dan sudut mata pisau yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh hasil cacahan dengan hasil cacahan paling lembut dan maksimal dari penggunaan beberapa sudut mata pisau dan ketebalan pisau yang berbeda. Sehingga  nanti  alat  tersebut  dapat  bekerja  secara  efisien.  Dari   perbandingan  pisau  di  atas  ca cahan  yang dihasilkan rata-rata mencapai 6.0 mm hasil tersebut sudah memenuhi kriteria dalam pembuatan pupuk organik.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.92
pdf

References

Ajis, F. A. 2019. Artikel Skripsi. Perancangan Transmisi Daya Pada Mesin Pencacah Daun Kering Dengan Menggunakan System Pulley Dan V-Belt , 2.

I Gust Ngurah Adi Putra, I. G. 2016. Jurnal Ilmiah Teknik Desain Mekanika. Pengaruh Kecepatan Potong Dan Pisau Potong Pada Mesin Pencacah Sampah organik Dan Sampah Plastik Terhadap Hasil Cacahan , 2-3.

Nugroho, P. 2012. Mengolah Sampah organik Dan Non-organik. www.triaji.net.

Nurdaib. 2019. Artikel Skripsi. Analisa Kemiringan Sudut Mata Pisau Mesin Pencacah Sampah Daun Kering Terhadap Hasil Pencacahan Untuk Kompos organik , 4-8.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet

Downloads

Download data is not yet available.