Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Metode Heuristik Pada Taman Kanak-Kanak
PDF

Keywords

perancangan
media pembelajaran
heuristic

How to Cite

Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Metode Heuristik Pada Taman Kanak-Kanak. (2025). Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 9(3), 2416-2426. https://doi.org/10.29407/scr5jb18

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media pembelajaran untuk anak usia dini pada taman kanak-kanak. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode heursitik yang mempunyai 10 tahapan Usability Heuristics yang digunakan untuk perancangan antarmuka menurut Jakob Nielsen. Sepuluh tahapan ini merupakan hasil dari penerapan Heuristic Evaluation dalam perancangan media pembelajaran interaktif pada taman kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reabilitas sebagai metode analisis data. Pengambilan data melibatkan 70 responden dari pengguna media pembelajaran interaktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan variabel X1 dengan presentase 85,7%, variabel X2 dengan presentase 92,9%, variabel X3 dengan presentase 91,4%, variabel X4 dengan presentase 97,1%, variabel X5 dengan presentase 85,7%, variabel X6 dengan presentase 92,2%, variabel X7 dengan presentase 85,7%, variabel X8 dengan presentase 94,3%, variabel X9 dengan presentase 95,7% dan variabel X10 dengan presentase 80% yang menilai sangat setuju. Penilaian ini didasarkan pada 10 faktor yang disajikan dalam pertanyaan kuesioner. 

PDF

References

[1] R. E. Putri, Y. Yusman, and Y. Wira Pratama, “UI/UX Design of Early Childhood Learning Applications Using Figma,” 2022.

[2] D. Deli, “Analisis User Interface pada Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Game Visual Novel,” 2021. [Online]. Available: http://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAIC

[3] M. Fajar Syahroni and S. Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri, “Impelementasi Model Waterfall pada Media Pembelajaran Pengenalan Angka dan Huruf Berbasis Android,” 2019, doi: 10.31294/jtk.v4i2.

[4] M. Kahfi and M. Ulfah, “Journal Education and Government Wiyata PERENCANAAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMK SANDIKTA BEKASI”, [Online]. Available: https://journal.wiyatapublisher.or.id/index.php/e-gov

[5] R. H. Kusumodestoni and B. B. Wahono, “Penerapan Metode Waterfall Pada Aplikasi Multimedia Interaktif Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Android Pada Paud Nabata,” Infomatek, vol. 24, no. 1, pp. 1–8, Jun. 2022, doi: 10.23969/infomatek.v24i1.4402.

[6] L. Mutiara Sari et al., “PENERAPAN PENDEKATAN HEURISTIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH,” 2022.

[7] Y. T. Utami, A. Pramudani, A. R. Irawati, D. Kurniawan, P. Studi, and I. Komputer, “Implementasi Heuristic Evaluation Untuk Analisis User Experience (UX) Pada Virtual Class Universitas Lampung,” 2023.

[8] S. Gulo and A. O. Harefa, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint,” Educativo: Jurnal Pendidikan, vol. 1, no. 1, pp. 291–299, Sep. 2022, doi: 10.56248/educativo.v1i1.40.

[9] W. N. S. J. E. Saefuddin T, “managerpd_acep,+330.+M+Teguh+Saefuddin,” 2023.

[10] P. Utomo, A. Budiman, and D. N. Amadi, “Optimasi Metode Simple Additive Weighting Menggunakan Skala Likert dalam Aplikasi Pemilihan Peserta Rapat Bersih Dusun,” 2023. [Online]. Available: https://journal-computing.org/index.php/journal-cisa/index

[11] F. T. Prasetyo and A. W. Utami, “Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Untuk Optimasi Rute Terpendek Distribusi Produk Dengan Algoritma A-Star ( Studi Kasus UD Ali Berkah ),” 2024.

[12] S. Setiyanto and I. F. Yasin, “Analisis User Interface pada Website E-Learning dengan Metode Evaluasi Heuristik,” Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, vol. 1, no. 3, pp. 327–332, Dec. 2023, doi: 10.31004/ijmst.v1i3.293.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2025 Ela Esti Susanti, Sucipto, Anita Sari Wardani