Perancangan Sistem Informasi Absensi Kantor Online Di PT Bali Cerdas Indonesia
PDF

Keywords

Absensi Online
Efisiensi
Teknologi Infromasi

How to Cite

Perancangan Sistem Informasi Absensi Kantor Online Di PT Bali Cerdas Indonesia. (2025). Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 9(3), 2315-2322. https://doi.org/10.29407/hqjkpt49

Abstract

Di era digital saat ini, teknologi informasi memegang peranan penting dalam meningkatkan efisiensi operasional di berbagai sektor, termasuk dunia kerja. PT Bali Cerdas Indonesia masih menggunakan sistem absensi manual berbasis kertas dan tanda tangan, yang memakan waktu dalam proses rekapitulasi serta rawan kecurangan dan kesalahan pencatatan. Penelitian ini mengusulkan perancangan Sistem Informasi Absensi Online yang disesuaikan dengan kebutuhan operasional kantor. Sistem ini dirancang menggunakan model SDLC Waterfall dan diuji menggunakan metode System Usability Scale (SUS) serta pengujian Black Box. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem memperoleh skor SUS sebesar 82, yang termasuk dalam kategori sangat baik dan menunjukkan penerimaan pengguna yang tinggi. Selain itu, proses rekapitulasi absensi menjadi 65% lebih cepat dan tingkat kesalahan pencatatan turun hingga 40% dibanding sistem manual. Dengan demikian, sistem ini terbukti efektif meningkatkan efisiensi, akurasi, dan transparansi dalam pengelolaan kehadiran karyawan di lingkungan kerja.

PDF

References

[1] D. Kharisma H, D. Ramadhan Dita, and H. Mukminna, “Perancangan Sistem Informasi Absensi Online Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Islam Kadiri Berbasis Web,” 2024. [Online]. Available: https://ojs.ft.uniska-kediri.ac.id/index.php/neiit/index

[2] A. Febrianto et al., “APLIKASI ABSENSI ONLINE BERBASIS WEB MENGGUNAKAN ALGORITMA SEQUENTIAL SEARCHING,” 2021.

[3] D. Murugaiyan, “International Journal of Information Technology and Business Management WATEERFALLVs V-MODEL Vs AGILE: A COMPARATIVE STUDY ON SDLC,” vol. 2, no. 1, 2012, [Online]. Available: www.jitbm.com

[4] R. Bangun et al., “Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) 1014,” Online, 2023.

[5] H. Mukminna and D. A. W. Kusumastutie, “Geographic Information Systems for Road Damage Complaints Based on Mobile,” JTECS : Jurnal Sistem Telekomunikasi Elektronika Sistem Kontrol Power Sistem dan Komputer, vol. 2, no. 1, p. 55, Feb. 2022, doi: 10.32503/jtecs.v2i1.2213.

[6] Septian Tito Reymar, Ferdi Chandra Fitrian Saputra, and Halimahtus Mukminna, “Perancangan Website Penjadwalan Piket Kebersihan di Diskominfo Kabupaten Kediri,” JURNAL FASILKOM, vol. 12, no. 3, pp. 165–171, Jan. 2023, doi: 10.37859/jf.v12i3.4390.

[7] D. Purnomo, “Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi,” JIMP-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, vol. 2, no. 2, 2017.

[8] M. S. Hartawan and J. Id, “SWADHARMA (JEIS) PENERAPAN USER CENTERED DESIGN (UCD) PADA WIREFRAME DESAIN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI SINOPSIS FILM”.

[9] N. Moch Bachrudin, Y. Bismo Utomo, I. Kurniasari, P. Studi, T. Komputer, and U.- Kediri, “Perancangan Aplikasi E-Archive Untuk Penyimpanan Laporan Tugas Akhir (Studi Kasus: Fakultas Teknik Uniska Kediri).”

[10] C. Abel, M. Pratama, R. N. Sarbini, and I. Kurniasari, “IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PARIWISATA BERBASIS WEBSITE PADA DINAS KEBUDAYAAN PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA KEDIRI,” 2024. [Online]. Available: https://ojs.ft.uniska-kediri.ac.id/index.php/neiit/index

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2025 Deny Kharisma, Riska Nurtantyo Sarbini, iin kurniasari