Hubungan Transaksi Digital dengan Pola Konsumsi Masyarakat
PDF

Keywords

transaksi digital
pola konsumsi
perilaku digital

How to Cite

Hubungan Transaksi Digital dengan Pola Konsumsi Masyarakat. (2025). Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 9(1), 626-631. https://doi.org/10.29407/bqb9t561

Abstract

Perkembangan teknologi mendorong pergeseran perilaku konsumsi masyarakat dari transaksi konvensional ke digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara transaksi digital dengan pola konsumsi masyarakat Indonesia. Data diperoleh melalui literatur dan analisis data sekunder dari berbagai sumber terpercaya. Hasil menunjukkan bahwa kemudahan dan kecepatan transaksi digital mempengaruhi frekuensi dan jenis barang yang dikonsumsi. Masyarakat cenderung lebih impulsif dalam berbelanja serta mengalami pergeseran prioritas kebutuhan. Temuan ini penting untuk pelaku bisnis dan pemerintah dalam merumuskan strategi ekonomi digital yang berkelanjutan.

 

PDF

References

[1] L. Musfiroh, U. N. Sidoarjo Dina Agustianingsih, and U. N. Sidoarjo Muhammad Farly Rizky, “PENGARUH E-COMMERCE SHOPEE TERHADAP POLA KONSUMSI MAHASISWA UNIVERSITAS NU SIDOARJO,” Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, vol. 3, no. 2, pp. 208–220, 2025, doi: 10.61722/jiem.v3i2.3822.

[2] R. Widianto and J. Marta, “Dampak Keuangan Digital Terhadap Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga di Indonesia: Analisis Data Mikro,” Media Riset Ekonomi Pembangunan (MedREP), vol. 1, no. 2, pp. 92–100, Juli 2024. [Online]. Tersedia: https://medrep.ppj.unp.ac.id/

[3] J. D. S. Amory, M. Mudo, and R. J, “Transformasi Ekonomi Digital dan Evolusi Pola Konsumsi: Tinjauan Literatur tentang Perubahan Perilaku Belanja di Era Internet,” Jurnal Minfo Polgan, vol. 14, no. 1, pp. 28–37, Feb. 2025, doi: 10.33395/jmp.v14i1.14608.

[4] Budiman, “Transaksi Online Terhadap Perubahan Pola Konsumsi Mahasiswa Menurut Perspektif Ekonomi Syariah,” Jurnal Administrasi Pendidikan Islam (JADMIN), vol. 6, no. 1, pp. 1–10, 2023.

[5] A. S. Wardani et al., Pelatihan Media Promosi Digital Produk Basefarm Burengan Kota Kediri, Laporan Kegiatan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2025.

[6] W. Maharani and A. Darmawan, "Analisis Pola Konsumsi Masyarakat Kota Batam Berdasarkan Penggunaan E-Money Berbasis Aplikasi," Politeknik Negeri Batam, Program Studi Akuntansi Manajerial, Batam, Indonesia, 2025.

[7] M. Rahmi and I. Irwanto, "Perubahan Transformasi Ekonomi dan Pola Konsumsi di Era Digital," Sekolah Tinggi Ilmu Qur’an, Amuntai, Indonesia; Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia, 2025.

[8] M. A. Ghany, B. Ali, M. G. Ruba, and R. M. Setianingsih, "Pola Konsumsi Masyarakat Perkotaan Berdasarkan Penggunaan E-money," IAIN Kediri, 2025.

[9] R. Daliyah and F. D. Patrikha, "Analisis Perilaku Konsumsi Pengguna Aplikasi E-Money Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya," S1 Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, 2025.

[10] S. D. Puspitasari dan R. Indrarini, "Pengaruh Penggunaan Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumsi Islam Masyarakat Surabaya Pada Masa Pandemi Covid-19," Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, vol. 4, no. 2, pp. 64–74, 2021. [Online]. Diakses dari: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei/article/view/13534​

[11] S. N. Farichin dan E. Y. Rusadi, "Pengaruh Digitalisasi Dalam Bidang E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa UIN Sunan Ampel," JURNAL SOSIAL, vol. 23, no. 1, pp. 34–39, 2022. [Online]. Tersedia: https://sosial.unmermadiun.ac.id/index.php/sosial/article/view/108​

[12] E. Julita, I. B, dan H. Yustati, "Pengaruh Penggunaan Shopee Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Muslim," Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, vol. 8, no. 3, pp. 2953–2957, 2022. [Online]. Tersedia: https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/6775​

[13] L. A. Saputro, F. Y. Khosmas, dan M. Basri, "Pengaruh E-Commerce terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak," Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), vol. 10, no. 1, 2021. [Online]. Tersedia: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/44181​

[14] E. A. Sari, I. Latifah, M. A. Ararizki, M. Jannah, dan W. Hidayat, "Pengaruh Penggunaan Shopee Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Muslim," IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, vol. 1, no. 1, 2023. [Online]. Tersedia: https://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/view/144

[15] D. Kusumawati, M. Zakariah, A. Rizal, dan A. P. Suwarna, "Pengaruh Penggunaan Fitur Shopee Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Kabupaten Kolaka," Jurnal Ekonomi Bisnis Syariah, vol. 5, no. 1, 2024. [Online]. Tersedia: https://journal.usimar.ac.id/index.php/jebs/article/view/134

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2025 Eka Fauziah, Zia Ulhaq Azzahro, Erna Daniati